SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM
SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN,
MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3
KupangJetisAmbarawaTelp
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik / Tema Layanan
|
Dahsyatnya
keutamaan bersyukur
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli dapat mengetahui dan menyadari nikmat dari
pemberi nikmat (Tuhan YME) serta memiliki sikap syukur terhadap nikamt yang
telah diberikan oleh-Nya
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta
didik/konseli dapat memahami manfaat bersyukur
2.
Peserta didik/konseli
dapat memahami akibat dan ancaman jika tidak mau bersyukur
3.
Peserta
didik/konseli dapat memahami sebab-sebab kurang bersyukur
|
G
|
Sasaran
Layanan
|
Kelas 11
|
H
|
Materi
Layanan
|
1.
Manfaat bersyukur
2.
Akibat dan ancaman jika tidak mau bersyukur
3.
Sebab-sebab kurang bersyukur
|
I
|
Waktu
|
2 Kali
Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan
Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 11,
Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
3. Prayitno.2015. KeluhuranIqro’ untukKehidupan. Padang: PT.GrahaCipta Media
4.
EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan
(games) dalamBimbingandanKonseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah,
Curah pendapat dan tanya jawab
|
L
|
Media / Alat
|
LCD, Power Point, Dahsyatnya keutamaan bersyukur
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
|
1. Tahap Awal
/
Pedahuluan
|
1. Membuka dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan
kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan
dan Konseling
4. Menanayakan kesiapan kepada peserta didik
|
|
2. Tahap Inti
|
1. Guru BK menayangkan media
slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2.
Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan dengan materi layanan
3. Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
4. Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5-
6 orang
5. Guru BK memberi tugas kepada masing-masing kelompok
6. Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
7. Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain
menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.
|
|
|
3. Tahap
Penutup
|
1. Guru BK mengajak peserta didik membuat
kesimpulan yang terkait dengan materi layanan
2. Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapatmenghadirkan
Tuhan dalam hidupnya
3. Guru BK menyampaikan materi layanan yang
akan datang
4. Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa
dan salam
|
M
|
Evaluasi
|
|
|
1. EvaluasiProses
|
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan
proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2. Sikap atau atusias
peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Cara peserta didik
dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Cara peserta didik
memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1. Merasakan suasana
pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Topik yang dibahas :
sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Cara Guru Bimbingan dan
Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit
dipahami
4. Kegiatan yang diikuti :
menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Uraianmateri
2. Lembarkerjasiswa
3.
Instrumenpenilaian
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa Guru
BK
Nurdiansyah
AW,ST,M.Kom Dewi
Ratnawati,S.Psi
DAHSYATNYA KEUTAMAAN BERSYUKUR
a. Manfaat Bersyukur
Dalam kehidupan kita pasti pernah
mangalami hal yang membuat kita bahagia dan kadang juga malah membuat kita
merasa menjalani hidup adalah sebuah penderitaan. Bersyukurlah atas
kehidupan yang telah Allah berikan, kita masih diberi kesempatan untuk hidup bernafas
bebas, panca indra yang sempurna.
Berikut manfaat bersyukur dalam kehidupan, diantaranya :
1. Hidup dalam keberuntungan
Orang yang hidupnya bersyukur akan selalu berfikir positif didalam
setiap hal yang menimpanya baik yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan.
2. Hidup dalam kebahagiaan
Orang yang bersyukur akan selalu merasa hidupnya penuh dengan
kecukupan, oleh karena itu mereka selalu merasa bahagia karena yakin bahwa
setiap apa yang dia peroleh itulah yang terbaik.
3. Memiliki wibawa dimata
orang lain
Orang yang berbahagia adalah orang yang hidupnya penuh dengan
kebaikan, mereka memiliki wajah yang di hormati dan disayang oleh banyak orang
karena wajah mereka dihiasi oleh wajah penuh syukur
4. Terilihat lebih rupawan
Menurut para pakar psikologi orang yang bersyukur akan memiliki
wajah yang selalu tersenyum menjalani hidup dan orang yang selalu tersenyum itu
manambah kecantikan dan ketampanannya
5. Awet muda dan umur
panjang
Orang yang selalu bersyukur memiliki
watak yang sabar, sedangkan orang yang sabar berdampak pada kesehatan dan awet
muda karena otot wajah beraktifitas tidak terlalu banyak dibandingkan dengan
orang yang memiliki watak pemarah.
Bersyukur,
Syarat Mutlak Untuk Berbahagia.
Bersyukur
sebuah kata yang sangat indah, dan akan menjadi hal yang luar biasa ketika
sudah dilakukan dengan sepenuh hati yang ikhlas. Sesunguhnya tidak ada orang
yang bisa merasa berbahagia jika ia tidak pernah bersyukur, sebab syukur adalah
syarat mutlak agar seseorang bisa berbahagia. Rasa syukur akan menjadikan hati
kita merasa tenang, damai dan merasa sangat bergembira atas kesempatan hidup
yang Tuhan berikan pada kita. Tuhan yang Maha Baik pun sangat menganjurkan kita
agar bersyukur. Bersyukur itu bukan berarti berhenti dengan apa yang
sudah kita miliki saat ini, tapi bersyukur itu lebih ke arah “terima kasih”Tuhan
terima kasih atas semua nikmat-Mu dalam hidupku ini. Jika aku
bekerja lebih rajin, lebih bermanfaat bagi sesama, tentulah nikmat ku akan Kau
tambah.
“kita harus bersyukur bukan
karena kita berbahagia, tetapi bersyukurlah maka kita akan bahagia.” ? Sudah
jelaskan bahwa sebenarnya yang kita butuhkan untuk berbahagia adalah dengan
bersyukur. Apapun keadaan kita saat ini, kalau kita bersyukur, kita akan sadar
bahwa kita sebenarnya sangat beruntung. Banyak orang yang kondisinya tidak
sebaik kita, entah itu kondisi fisik mereka, kondisi mental dan lain
sebagainya. Sesungguhnya tidak ada satu hal apapun yang perlu kita keluhkan di
dunia ini
b. Akibat dan Ancaman Jika Tidak Mau Bersyukur
Berikut
akibat dan ancaman jika tidak mensyukuri nikmat,
diantaranya :
1. Hidup Menderita
Hidup rasanya selalu menjadi beban,
iri dengan keberuntungan orang lain, dan enggan untuk berusaha lebih baik.
Meraka yang tidak mau bersyukur hidupnya penuh dengan kesusahan,suka mengeluh
dan menyelahkan takdir.
2. Hidup menjadi selalu sial
Penelitian membuktikan orang yang
tidak bersyukur selalu memiliki sifat negatif pada diri sendiri (Pesimis) dan
pada orang lain (buruk sangka). Orang yang berfikir negatif lebih banyak
mendapat kesialan dari pada orang yang berfikir Positif.
3. Mudah terserang penyakit
Pemarah, Pengiri dan berfikirnegatif
adalah sifat dari orang yang tidak mau bersyukur dengan keadaan yang dia
miliki. Meraka cenderung cuek dengan lingkungan dan diri sendri, akibatnya
kekebalan tubuh.
4. Di akhirat di siksa oleh
tuhan
Tuhan berfirman : "Dan
jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada
kalian makaniscaya aku akan menambah nikmat yang telah akuberikan kepada
kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya
siksa ku itu pedih." ayat itu menjelaskan bahwa orang yang tidak mau
bersyukur atau kufur atas nikmat allah bahwa siksaan yang pedih akan
menimpa pada dirinya kelak ketika di akhirat.
c. Sebab-sebab Kurang Bersyukur :
Berikut sebab-sebab yang menjadikan
manusia kurang bersyukur :
1. Lalai dari nikmat Allah.
Sesungguhnya banyak manusia yang
hidup dalam kenikmatan yang besar, baik nikmat yang umum maupun khusus. Akan
tetapi dia lalai darinya.
1.
Kebodohan terhadap hakikat nikmat
Sebagian orang tidak mengetahui
nikmat, tidak mengenal dan tidak memahami hakikat nikmat. Dia tidak tahu bahwa
dirinya berada dalam kenikmatan, karena dia tidak mengetahui hakikat nikmat.
2.
Pandangan sebagian manusia kepada orang yang berada di atasnya
Jika seorang manusia melihat kepada
orang yang diatasnya, yaitu orang-orang yang diberi kelebihan atasnya, dia akan
meremehkan karunia yang Allah berikan kepadanya. Sehingga dia pun kurang dalam
melaksanakan kewajiban syukur. Karena dia melihat apa yang diberikannya adalah
sedikit.
3.
Melupakan masa lalu
Di antara manusia ada yang pernah
melewati kehidupan yang menyusahkan dan sempit. Dia hidup pada masa-masa yang
menegangkan dan penuh rasa takut, baik dalam masalah harta, penghidupan atau
tempat tinggal. Dan tatkala Allah memberikan kenikmatan dan karunia kepadanya,
dia enggan untuk membandingkan antara masa lalunya dengan kehidupannya sekarang
agar menjadi jelas baginya karunia Robb atasnya.
Lampiran 2.
Instrumen Penilaian
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL
A.
PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)
1. Mengapa kita harus selalu
mensyukuri nikamt yang sudah Tuhan berikan kepada kita ? Jelasakan !
2. Tuliskan, manfaat apa saja
ketika kita selalu mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan !
3. Tuliskan, dampak atau akibat
ketika kita tidak pernah mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan !
4. Apa saja yang menyebabkan
orang kurang bersyukur ?
5. Bagaimana cara menyukuri
nikmat yang sudah Tuhan berikan kepada kita ?
B.
SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai
dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika
pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!
NO
|
PERNYATAAN
|
SETUJU
|
TIDAK SETUJU
|
1.
|
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Dahsyatnya
keutamaan bersyukur
|
|
|
2.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentang Dahsyatnya keutamaan
bersyukur, timbul kesadaran saya untuk selalu bersyukur kepada Tuhan YME
|
|
|
3.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentang Dahsyatnya keutamaan
bersyukur saya menyadari bahwa saya sering lupa bersyukur pada Tuhan YME
kehidupan
|
|
|
4.
|
Materi layanan BK tentang
Dahsyatnya keutamaan bersyukur, menyadarkan saya akan pentingnya bersyukur
pada Tuhan YME
|
|
|
C.
KETRAMPILAN (ACTION)
1. Coba Anda lakukan beberapa aktivitas berikut
:
·
Tahanlah
nafasmu setelah 20 detik atau semampu Anda secara serentak. Guru akan memulai
menghitung dan memantau lama waktumunya . berhentilah menahan nafas ketika
sudah tidak mampu
·
Berapa lama Anda
mampu menahan nafas ? Adakah di antara kalian yang mampu menahan nafas lebih
dari 1,5 menit.
·
Bagaimana
rasanya tidak bisa bernafas dalam waktu satu menit
·
Bayangkan
bagaimana jika kita tidak bisa bernafas dalam waktu satu menit! Bagaimana
setiap udara yang kita hirup harus kita bayar? Berapa banyak uang yang harus
dikeluarkan ? Mampukah kita membayarnya ? Bisakah harta yang kita miliki untuk
membayarnya ?
2.
Sebutkan 10
(sepuluh) nikmat lainnya yang Tuhan berikan pada kita, nikmat apa saja ?
Mampukah kita membayarnya ?
Renungkan betapa Tuhan Maha kaya dan Maha pengasih kepada setiap
hamba-Nya !
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)
NO
|
PROSES YANG
DINILAI
|
HASIL
PENGAMATAN
|
KET
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Keterlaksanaan program
|
|
|
|
|
1.
Program
layanan terlaksana sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
2.
Waktu
pelaksanaan sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
3.
Metode yang
digunakan variatif dan menarik
|
|
|
|
|
4.
Menggunakan
media layanan BK
|
|
|
|
|
5.
RPL minimal
terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat,
Penilaian
|
|
|
|
B
|
Perolehan Siswa Pasca Layanan
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
memperoleh pemahaman baru
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
mempunyai perasaan positif
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
berkurang masalahnya
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
terentaskan masalahannya
|
|
|
|
|
5.
Berkembangnya
PTSDL
|
|
|
|
C
|
Perhatian Peserta Didik
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
antusias mengikuti materi layanan BK
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
aktif bertanya
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
aktif menjawab
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
mengerjakan tugas yang diberikan konselor
|
|
|
|
|
5.
Peserta didik
hadir semua
|
|
|
|
D
|
Kesesuaiaan Program
|
|
|
|
|
1.
Program
disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
2.
Materi
layanan sesuaikebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
3.
Materi
layanan sesuai tugas perkembangan
peserta didik
|
|
|
|
|
4.
Materi
layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
|
|
|
|
5.
Program
dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa Guru
BK
Nurdiansyah
AW,ST,M.Kom Dewi
Ratnawati,S.Psi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar