Kamis, 31 Januari 2019

RPL Dahsyatnya keutamaan bersyukur


YAYASAN PUSAT PENDIDIKAN ISLAM SUDIRMAN (YAPPIS)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN, MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3 KupangJetisAmbarawaTelp
 

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi
C
Topik / Tema Layanan
Dahsyatnya keutamaan bersyukur
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli dapat mengetahui dan menyadari nikmat dari pemberi nikmat (Tuhan YME) serta memiliki sikap syukur terhadap nikamt yang telah diberikan oleh-Nya
F
Tujuan Khusus
1.    Peserta didik/konseli dapat memahami manfaat bersyukur
2.    Peserta didik/konseli dapat memahami akibat dan ancaman jika tidak mau bersyukur
3.    Peserta didik/konseli dapat memahami sebab-sebab kurang bersyukur
G
Sasaran Layanan
Kelas 11
H
Materi Layanan
1.     Manfaat bersyukur
2.     Akibat dan ancaman jika tidak mau bersyukur
3.     Sebab-sebab kurang bersyukur
I
Waktu
2 Kali Pertemuan x  45 Menit
J
Sumber Materi
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMK-MAK kelas 11, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
3.  Prayitno.2015. KeluhuranIqro’ untukKehidupan.    Padang: PT.GrahaCipta Media
4.  EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalamBimbingandanKonseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point, Dahsyatnya keutamaan bersyukur
M
Pelaksanaan

Tahap
Uraian Kegiatan



1. Tahap Awal /
Pedahuluan
1.    Membuka dengan salam dan berdoa
2.    Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.    Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan Konseling
4.    Menanayakan kesiapan kepada peserta didik





2. Tahap Inti
1.   Guru BK menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.   Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan dengan materi layanan
3.   Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
4.   Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
5.   Guru BK memberi tugas kepada masing-masing kelompok
6.   Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
7.   Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.

3. Tahap Penutup
1.    Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan
2.    Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapatmenghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.    Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang
4.    Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam
M
Evaluasi


1.  EvaluasiProses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2.  Sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1.  Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Uraianmateri
2.      Lembarkerjasiswa
3.      Instrumenpenilaian
     
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa                          Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi














DAHSYATNYA KEUTAMAAN BERSYUKUR

a. Manfaat Bersyukur
Dalam kehidupan kita pasti pernah mangalami hal yang membuat kita bahagia dan kadang juga malah membuat kita merasa menjalani hidup adalah sebuah  penderitaan. Bersyukurlah atas kehidupan yang telah Allah berikan, kita masih diberi kesempatan untuk hidup bernafas bebas, panca indra yang sempurna.
Berikut manfaat bersyukur dalam kehidupan, diantaranya :
1.  Hidup dalam keberuntungan
Orang yang hidupnya bersyukur akan selalu berfikir positif didalam setiap hal yang menimpanya baik yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan.
2.  Hidup dalam kebahagiaan
Orang yang bersyukur akan selalu merasa hidupnya penuh dengan kecukupan, oleh karena itu mereka selalu merasa bahagia karena yakin bahwa setiap apa yang dia peroleh itulah yang terbaik.
3.  Memiliki wibawa dimata orang lain
Orang yang berbahagia adalah orang yang hidupnya penuh dengan kebaikan, mereka memiliki wajah yang di hormati dan disayang oleh banyak orang karena wajah mereka dihiasi oleh wajah penuh syukur
4.  Terilihat lebih rupawan
Menurut para pakar psikologi orang yang bersyukur akan memiliki wajah yang selalu tersenyum menjalani hidup dan orang yang selalu tersenyum itu manambah kecantikan dan ketampanannya
5.  Awet muda dan umur panjang
Orang yang selalu bersyukur memiliki watak yang sabar, sedangkan orang yang sabar berdampak pada kesehatan dan awet muda karena otot wajah beraktifitas tidak terlalu banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki watak pemarah. 

Bersyukur, Syarat Mutlak Untuk Berbahagia.
Bersyukur sebuah kata yang sangat indah, dan akan menjadi hal yang luar biasa ketika sudah dilakukan dengan sepenuh hati yang ikhlas. Sesunguhnya tidak ada orang yang bisa merasa berbahagia jika ia tidak pernah bersyukur, sebab syukur adalah syarat mutlak agar seseorang bisa berbahagia. Rasa syukur akan menjadikan hati kita merasa tenang, damai dan merasa sangat bergembira atas kesempatan hidup yang Tuhan berikan pada kita. Tuhan yang Maha Baik pun sangat menganjurkan kita agar bersyukur. Bersyukur itu bukan berarti  berhenti dengan apa yang sudah kita miliki saat ini, tapi bersyukur itu lebih ke arah “terima kasih”Tuhan terima kasih atas semua nikmat-Mu dalam hidupku ini. Jika aku bekerja lebih rajin, lebih bermanfaat bagi sesama, tentulah nikmat ku akan Kau tambah.
 “kita harus bersyukur bukan karena kita berbahagia, tetapi bersyukurlah maka kita akan bahagia.” ? Sudah jelaskan bahwa sebenarnya yang kita butuhkan untuk berbahagia adalah dengan bersyukur. Apapun keadaan kita saat ini, kalau kita bersyukur, kita akan sadar bahwa kita sebenarnya sangat beruntung. Banyak orang yang kondisinya tidak sebaik kita, entah itu kondisi fisik mereka, kondisi mental dan lain sebagainya. Sesungguhnya tidak ada satu hal apapun yang perlu kita keluhkan di dunia ini

b.  Akibat dan Ancaman Jika Tidak Mau Bersyukur
Berikut akibat dan ancaman jika tidak mensyukuri nikmat,
diantaranya :
1.  Hidup Menderita
Hidup rasanya selalu menjadi beban, iri dengan keberuntungan orang lain, dan enggan untuk berusaha lebih baik. Meraka yang tidak mau bersyukur hidupnya penuh dengan kesusahan,suka mengeluh dan menyelahkan takdir. 
2.  Hidup menjadi selalu sial
Penelitian membuktikan orang yang tidak bersyukur selalu memiliki sifat negatif pada diri sendiri (Pesimis) dan pada orang lain (buruk sangka). Orang yang berfikir negatif lebih banyak mendapat kesialan dari pada orang yang berfikir Positif.
3.   Mudah terserang penyakit
Pemarah, Pengiri dan berfikirnegatif adalah sifat dari orang yang tidak mau bersyukur dengan keadaan yang dia miliki. Meraka cenderung cuek dengan lingkungan dan diri sendri, akibatnya kekebalan tubuh.
4.   Di akhirat di siksa oleh tuhan
Tuhan berfirman :  "Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada kalian makaniscaya aku akan menambah nikmat yang telah akuberikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa ku itu pedih." ayat itu menjelaskan bahwa orang yang tidak mau bersyukur atau kufur atas nikmat allah bahwa  siksaan yang pedih akan menimpa pada dirinya kelak ketika di akhirat.

c.  Sebab-sebab Kurang Bersyukur :
Berikut sebab-sebab yang menjadikan manusia kurang bersyukur :
1.  Lalai dari nikmat Allah.
Sesungguhnya banyak manusia yang hidup dalam kenikmatan yang besar, baik nikmat yang umum maupun khusus. Akan tetapi dia lalai darinya.
1.    Kebodohan terhadap hakikat nikmat
Sebagian orang tidak mengetahui nikmat, tidak mengenal dan tidak memahami hakikat nikmat. Dia tidak tahu bahwa dirinya berada dalam kenikmatan, karena dia tidak mengetahui hakikat nikmat.
2.    Pandangan sebagian manusia kepada orang yang berada di atasnya
Jika seorang manusia melihat kepada orang yang diatasnya, yaitu orang-orang yang diberi kelebihan atasnya, dia akan meremehkan karunia yang Allah berikan kepadanya. Sehingga dia pun kurang dalam melaksanakan kewajiban syukur. Karena dia melihat apa yang diberikannya adalah sedikit.


3.    Melupakan masa lalu
Di antara manusia ada yang pernah melewati kehidupan yang menyusahkan dan sempit. Dia hidup pada masa-masa yang menegangkan dan penuh rasa takut, baik dalam masalah harta, penghidupan atau tempat tinggal. Dan tatkala Allah memberikan kenikmatan dan karunia kepadanya, dia enggan untuk membandingkan antara masa lalunya dengan kehidupannya sekarang agar menjadi jelas baginya karunia Robb atasnya.






























Lampiran 2. Instrumen Penilaian

INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL

A.    PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)

1.   Mengapa kita harus selalu mensyukuri nikamt yang sudah Tuhan berikan kepada kita ? Jelasakan !
2.   Tuliskan, manfaat apa saja ketika kita selalu mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan !
3.   Tuliskan, dampak atau akibat ketika kita tidak pernah mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan !
4.   Apa saja yang menyebabkan orang kurang bersyukur ?
5.   Bagaimana cara menyukuri nikmat yang sudah Tuhan berikan kepada kita ?

B.     SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!

NO
PERNYATAAN
SETUJU
TIDAK SETUJU
1.
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Dahsyatnya keutamaan bersyukur


2.
Setelah menerima materi layanan BK tentang Dahsyatnya keutamaan bersyukur, timbul kesadaran saya untuk selalu bersyukur kepada Tuhan YME


3.
Setelah menerima materi layanan BK tentang Dahsyatnya keutamaan bersyukur saya menyadari bahwa saya sering lupa bersyukur pada Tuhan YME kehidupan


4.
Materi layanan BK  tentang Dahsyatnya keutamaan bersyukur, menyadarkan saya akan pentingnya bersyukur pada Tuhan YME



C.    KETRAMPILAN (ACTION)

1.  Coba Anda lakukan beberapa aktivitas berikut :
·         Tahanlah nafasmu setelah 20 detik atau semampu Anda secara serentak. Guru akan memulai menghitung dan memantau lama waktumunya . berhentilah menahan nafas ketika sudah tidak mampu
·         Berapa lama Anda mampu menahan nafas ? Adakah di antara kalian yang mampu menahan nafas lebih dari 1,5 menit.
·         Bagaimana rasanya tidak bisa bernafas dalam waktu satu menit
·         Bayangkan bagaimana jika kita tidak bisa bernafas dalam waktu satu menit! Bagaimana setiap udara yang kita hirup harus kita bayar? Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan ? Mampukah kita membayarnya ? Bisakah harta yang kita miliki untuk membayarnya ?
2.    Sebutkan 10 (sepuluh) nikmat lainnya yang Tuhan berikan pada kita, nikmat apa saja ? Mampukah kita membayarnya ?
Renungkan betapa Tuhan Maha kaya dan Maha pengasih kepada setiap hamba-Nya !





INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)


NO
PROSES YANG DINILAI
HASIL PENGAMATAN
KET
YA
TIDAK
A
Keterlaksanaan program




1.    Program layanan terlaksana sesuai dengan RPL




2.    Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL




3.    Metode yang digunakan variatif dan menarik




4.    Menggunakan media layanan BK




5.    RPL minimal terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian



B
Perolehan Siswa Pasca Layanan




1.    Peserta didik memperoleh pemahaman baru




2.    Peserta didik mempunyai perasaan positif




3.    Peserta didik berkurang masalahnya




4.    Peserta didik terentaskan masalahannya




5.     Berkembangnya PTSDL



C
Perhatian Peserta Didik




1.    Peserta didik antusias mengikuti materi layanan BK




2.    Peserta didik aktif bertanya




3.    Peserta didik aktif  menjawab




4.    Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan konselor




5.    Peserta didik hadir semua



D
Kesesuaiaan Program




1.    Program disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik




2.    Materi layanan sesuaikebutuhan peserta didik




3.    Materi layanan sesuai tugas  perkembangan peserta  didik




4.    Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas




5.    Program dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan





Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa                          Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar