SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK
KOMPUTER & JARINGAN, MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3 KupangJetisAmbarawaTelp
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Sosial
|
C
|
Topik / Tema Layanan
|
Penyesuaian
Diri Remaja di Sekolah Baru
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli dapat mengenal aspek-aspek penyesuaian diri
serta dapat menerapkan sikap dan kebiasaan dengan lingkungannya
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta
didik/konseli dapat memahami pengertian dan proses penyesuaian diri
2.
Peserta
didik/konseli dapat memahami
karakteristik penyesuaian diri
3.
Peserta
didik/konseli dapat memahami cara menyesuaikan diri di sekolah
|
G
|
Sasaran
Layanan
|
Kelas 10
|
H
|
Materi
Layanan
|
1.
Pengertian dan proses penyesuain diri
2.
Karakteristik penyesuaian diri
3.
Cara menyesuaikan diri di sekolah
|
I
|
Waktu
|
2 Kali
Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan
Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10,
Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang sosial, Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4.
EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan
(games) dalamBimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah,
Curah pendapat dan tanya jawab
|
L
|
Media / Alat
|
LCD, Power Point,Penyesuaian diri di lingkungan
sekolah baru
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
1. Tahap Awal
/Pedahuluan
|
||
a. PernyataanTujuan
|
1.
Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.
Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan
kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan-tujuankhusus yang akandicapai
|
|
b. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas
dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari
ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan
melakukan dengan baik.
|
|
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang
topik yang akan dibicarakan
|
|
d. Tahap peralihan
( Transisi)
|
Guru
BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatan, dan
memulaiketahap inti
|
|
2. Tahap Inti
|
||
a. Kegiatanpesertadidik
|
1.
Mengamati
tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.
Melakukan Brainstorming/curah
pendapat
3.
Mendiskusikan dengan
kelompok masing-masing
4. Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain
menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.
|
|
|
b. Kegiatan Guru BK/Konselor
|
1. Menayangkan media
slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2. Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3. Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4. Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5. Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6. Mengevaluasi
hasil diskusi peserta didik
7. Membuat catatan-catatan observasi selama
proses layanan
|
|
3. Tahap
Penutup
|
1. Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2. Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan kemanfaatan dan kebermaknaan
kegiatan secara lisan
3. Guru BKmemberipenguatan dan rencanatindaklanjut
4. Guru BKmenutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri
dengan salam
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
1. EvaluasiProses
|
Guru
BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi
:
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2. Mengamati sikap
atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Mengamati
cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Mengamati cara
peserta didik dalammemberikan penjelasan terhadappertanyaan guru BK
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasidenganinstrumen yang sudahdisiapkan,
antara lain :
1. Evaluasitentang
suasana pertemuan denganinstrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Evaluasiterhadap topik
yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Evaluasiterhadap cara
Guru BK dalam
menyampaikanmateri:
mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4. Evaluasiterhadap kegiatan
yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Uraianmateri
2. Lembarkerjasiswa
3.
Instrumenpenilaian
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIslam Sudirman 2 Ambarawa Guru BK
Nurdiansyah AW,ST,M.Kom Dewi Ratnawati,S.Psi
Lampiran 1. Uraian Materi
PENYESUAIAN DIRI REMAJA LINGKUNGAN SEKOLAH BARU
a. Pengertian
dan Proses PenyesuaianDiri
Penyesuaiandapatdiartikansebagaiberikut :
1.
Penyesuaianberartiberadaptasi;
dapatmempertahankaneksistensiya, ataubisa survive dan
memperolehkesejahteraanjasmaniah dan rohaniah, dan dapatmengadakanrelasi yang
memuaskandengantuntutansosial.
2.
Penyesuaiandapat juga
diartikansebagaikonformitas yang
berartimenyesuaikansesuatudenganstandaratauprinsip.
3.
Penyesuaian
dapat diartikan sebagai penguasaan, yaitu memiliki kemampuan untuk membuat
rencana dan mengorganisasi respon-respon sedemikian rupa, sehingga bisa
mengatasi segala macam konflik, kesulitan dan frustasi secara efisien. Individumemilikikemampuanmenghadapirealitashidupdengancara
yang adekuat.
4.
Penyesuaiandapatdiartikanpenguasaan dan
kematanganemosional.
Kematanganemosionalmaksudnyaialahsecarapositifmemilikiresponemosional yang
tepat pada setiatsituasi.
Dengandemikian,
dapatdisimpulkanbahwapenyesuaianadalahusahamanusiauntukmencapaikeharmonisan
pada dirisendiri dan pada lingkungannya.
Proses PenyesuaianDiri
Penyesuaiandiriadalah proses
bagaimanaindividumencapaikeseimbangandiridaammemenuhikebutuhansesuaidenganlingkungannya.
Responpenyesuaian, baikatauburuksecarasederhanadapatdipandangsebagaisuatuupayaindividuuntukmereduksitauamenjauhiketegangan
dan untukmemeliharakondisi-kondisikeseimbangan yang lebihwajar. Dalam proses
penyesuaianitudapatsajamunculkonflik, tekanan, dan frustasi dan
individudidorongmenelitiberbagaikemungkinanperilakuuntukmembebaskandiridariketegangan.
Elemen-elemenumum dan
esensialdalamsemuasituasifrustasiialah : motivasi, frustasi, respon yang
bervariasi, dan pemecahanuntukmereduksimasalah,
ketegangandenganbeberapabentukrespon. Motivasimengambilvariasibentuk dan
setiapbentukdapatdiarahkankepadarintanganataufrustasi yang disebabkan oleh
beberapaaspekrealitas, misalnya : pembatasan orang tua, hambatanfisik, aturan
social, dan semacamnya.
Individu dikatakan berhasil dalam melakukan penyesuaina diri
apabila ia dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara-cara yang wajar atau apabila
dapat diterima oleh lingkungan tanpa merugikan atau mengganggu lingkungannya.
b. KarakteristikPenyesuaianDiri
Mereka yang
tergolongmampumelakukanpenyesuaiandirisecarapositifditandaihal-halsebagaiberikut
:
1. Tidakmenunjukkanadanyaketeganganemosional
2. Tidakmenunjukkanadanyamekanisme-mekanismepsikologis
3. Tidakmenunujukkanadanyafrustasipribadi
4. Memilikipertimbanganrasional dan pengarahandiri
5. Mampudalambelajar
6. Menghargaipengalaman
7. Bersikaprealistik dan objektif
Dalammelakukanpenyesuaiandirisecarapositif,
individuakanmelakukandalamberbagaibentuk, antara lain :
1. Penyesuaiandenganmenghadapimasalahsecaralangsung
Dalamsituasiini,
individusecaralangsungmenghadapimasalahdengansegalaakibat-akibatnya.
Iamelakukansegalatindakansesuaidenganmasalah yang dihadapinya.
2. Penyesuaiandenganmelakukaneksplorasi
Dalamsituasiiniindividumencaribahanpengalamanuntukdapatmenghadapi dan
memecahkanmasalahnya.
3. Penyesuaiandengan trial and error (coba-coba)
Dalamcaraini,
Individumelakukansuatutindakancoba-cobadalamartikalaumenguntungkanditeruskan
dan kalaugagaltidakditeruskan
4. Penyesuaiandengansubstitusi
Jikaindividumerasagagaldalammenghadapimasalah,
makaiadapatmemperolehpenyesuaiandenganjalanmencaripengganti.
5. Penyesuaiandiridenganmenggalikemampuanpribadi
Individumencobamenggalikemampuan-kemampuankhususdalamdirinya, dan
kemudiandikembangkansehinggadapatmembantupenyesuaiandiri.
6. Penyesuaiandiridenganbelajar
Denganbelajar, individuakanbanyakmemperolehpengetahuan dan ketrampilan
yang dapatmembantumenyesuaikandiri.
7. Penyesuaiandiridenganinhibisi dan control diri
Dalamsituasiini, individuberusahamemilihtindakan mana yang
harusdilakukan, dantindakan mana yang tidakperludilakukan.
8. Penyesuaiandiridenganperencanaan yang
cermat
Dalamsituasiini, tindakan yang dilakukanmerupakankeputusan yang
diambilberdasarkanperencanaancermat.
Faktor -
faktor yang Mempengaruhi Proses PenyesuaianDiri
Secarakeseluruhankepribadianmempunyaifungsisebagaipenentu primer
terhadappenyesuaiandiri. Penetuberarti factor yang mendukung, mempengaruhi,
ataumenimbulkanefek pada proses penyesuaian.
Secarasekunder, proses
penyesuaianditentukan oleh faktor-faktor yang
menentukankepribadianitusendiribaik internal maupuneksternal.
Penentu-penentutersebutdikelompokkansebagaiberikut :
1.
Kondisijasmaniah yang meliputi, pembawaan,
konstitusifisik, susunansaraf, kelenjar, system otot, kesehatan dan sebagainya.
2.
Perkembangan dan kematangan,
terutamakematanganintelektual, sosial, moral, dan emosional
3.
Penentupsikologis, yang meliputipengalaman,
belajar, pembiasaan, determinasidiri, frustasi, dan konflik
4.
Kondisilingkungan, terutamarumah, keluarga
dan sekolah
5.
Penentukulutural dan agama
c.
Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah
Berikut cara untuk menyesuaikan diri
remaja di sekolah, antara lain :
1.
Pelajari
Situasi
Penting dan perlu kalian perhatikan
pertama yaitu; sebelum masuk sekolah, belajar untuk mengenal lebih dekat
lingkungan sekolah, baik letak geografis sekolah, arah perjalanan dari rumah ke
sekolah, lingkungan sekitar sekolah, dan sebagainya. Anda biasakanuntukmengenal
situasi baru dan beradaptasi di dalamnya. Anda tidakperlutakut pada situasi yang baru, pastikan Anda amanberada
di lingkungansekolahtersebut.
2. Berbaik sangka
Hilangkan segera pikiran kalian bahwa lingkungan sekolah baru nanti
kurang menyenangkan termasuk kekhawatiran tentang teman-teman yang tidak
bersahabat atau guru-guru kurang ramah. Ganti kalimat tersebut, penuhi otak
dengan kalimat-kalimat positif seperti lingkungan sekolah baru akan sangat
menyenangkan, teman-teman mengasyikkan dan guru-gurunya pun ramah.
3. Sesuaikan keadaan Sekolah
Sebaiknya dari jauh-jauh hari, siapkan informasi tentang sekolah
barunya. Entah peraturan sekolah atau kebiasaan guru-guru mengajar. Nah,
tetapkan keteraturan kegiatan sekolah dengan di rumah. Misalnya, sesuaikan
jadwal bangun dengan jadwal masuk sekolah.
4. Mengetahui Aturan
Segera kalian sadari bahwa memasuki sekolah baru berarti memasuki
tempat yang telah mempunyai aturan. Peraturan sekolah bisa saja berbeda dengan
sekolah sebelumnya. Ikuti dan patuhi peraturan yang ada
5. Mengikuti MOS
Mengikuti kegiatan MOS sangat penting bagi kalian. Masa orientasi
sekolah adalah salah satu masa yang bisa dimanfaatkan untuk mengenal lingkungan
sekolah. Pada kegiatan tersebut akan diperkenalkan siapa saja elemen
lingkungannya seperti kepala sekolah, guru-guru, staf tata usaha, peraturan
yang berlaku, kegiatan formal sekolah yang wajib diikuti dan kegiatan
ektrakurikuler yang bisa dipilih setiap siswa, dan sekaligus momen yang bisa
digunakan untuk mengenal teman baru.
6. Kenali dan hormati guru
Kalian harus kenali dan hormat kepada guru yang ada. Lalu bagaimana
cara beradaptasi dengan guru. Guru adalah orang tua saat di sekolah sehingga
perlakukan layaknya sedang berhadapan dengan orang tua di rumah. Selain itu,
guru adalah individu-individu yang mempunyai karakter yang berbeda-beda.
bertanya pada kakak kelas apa yang tidak disukai oleh guru-guru di sekolah
sehingga bisa diantisipasi lebih dulu. Pada dasarnya setiap orang senang
diperlakukan dengan baik serta dihargai sesuai porsi dan perannya. Sebagai
siswa, membiasakan diri untuk bertutur kata sopan dan bersikap santun terhadap
guru-guru. Hal ini akan membuat guru-guru merasa dihargai. Jangan ragu untuk
menyapa dan memberi salam setiap guru yang berpapasan.
7. Menghargai sesama
Siapa yang menanam kebaikan maka akan mendapatkan kebaikan pula,
begitu juga siapa yangmenghargai orang lain, maka akan dihargai pula oleh orang
lain. kalimat itu harus kalian ingat dan terapkan. Selama bisa saling
menghargai dan menghormati teman baru maka tidak perlu takut. Tidak semua orang
dapat dengan cepat menerima orang lain. Dengan memmulai percakapan sederhana
yang ringan sehingga dapat mencairkan suasana, tetapi hindari memaksakan
pendapat dan kehendak pada teman baru. Semakin bisa menghargai teman
baru, semakin cepat keakraban terjalin.
8. Menjadi diri sendiri
Berada di lingkungan baru seperti
sekolah baru, kalian memang sebaiknya ramah terhadap teman-teman yang baru
dikenal, namun yang terpenting tetaplah menjadi diri sendiri. Jangan melakukan
sesuatu yang sebetulnya tidak mencerminkan siapa diri sesungguhnya. Hal-hal
yang dilakukan tidak sesuai dengan kepribadian hanya akan membuat diri kurang
nyaman yang bisa saja terbaca oleh teman baru. Menjadi diri sendiri akan
memudahkan berinteraksi lebih natural yang mungkin saja mempermudah teman baru
untuk mengenal lebih dalam.
Lampiran 2.
Instrumen Penilaian
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL
A.
PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)
1.
Jelaskanbagaimana proses penyesuaiandiri ?
2.
Sebut dan jelaskan factor – factor yang mempengaruhi
proses penyesuaiandiri
3.
Berilah
contoh penyesuaiandiri diLingkunganSekolahbarudan menghadapiteman – teman yang
baru !
4. Bagaimanakahkarakteristikpenyesuaiandiri ?
5. JelaskanBagaimana agar kitadapatmejadidirisendiri,
sebutkancontohnya !
B.
SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai
dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika
pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!
NO
|
PERNYATAAN
|
SETUJU
|
TIDAK SETUJU
|
1.
|
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di
lingkungansekolahbaru
|
|
|
2.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di
lingkungansekolahbaru, timbul kesadaran saya untuk
selalu dapatmenyesuaikandiri di
lingkunganmanapun
|
|
|
3.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuain diri remaja
di lingkungan sekolah barusaya menyadari bahwa saya seringtidakmampudalammenyesuaikandiri
|
|
|
4.
|
Materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di
lingkungansekolahbaru, menyadarkan saya akan pentingnya
proses
penyesuaindiridalamlingkungansekitar
|
|
|
C.
KETRAMPILAN (ACTION)
Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di
lingkungansekolahbaru, melakukan
kegiatan diskusi :
Diskusikan bersama teman Anda secara berkelompok! tiap kelompok
terdiri atas 4-7 siswa. buatkah laporan dan kesimpulan dari hasil diskusi
tersebut kepada guru Anda.
“ Dalam kehidupan
di lingkungan sekolah yang baru, kita akan bergaul dengan teman baru, guru-guru
yang baru, dan alam sekitar yang baru, misalnya pada saat Masa Orientasi
Peserta Didik Baru. Bagaimana caranya agar dirikitadapat di terimadenganbaik di
lingkunganbarutersebut ?
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)
NO
|
PROSES YANG
DINILAI
|
HASIL
PENGAMATAN
|
KET
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Keterlaksanaan program
|
|
|
|
|
1.
Program
layanan terlaksana sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
2.
Waktu
pelaksanaan sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
3.
Metode yang
digunakan variatif dan menarik
|
|
|
|
|
4.
Menggunakan
media layanan BK
|
|
|
|
|
5.
RPL minimal
terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat,
Penilaian
|
|
|
|
B
|
Perolehan Siswa Pasca Layanan
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
memperoleh pemahaman baru
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
mempunyai perasaan positif
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
berkurang masalahnya
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
terentaskan masalahannya
|
|
|
|
|
5.
Berkembangnya
PTSDL
|
|
|
|
C
|
Perhatian Peserta Didik
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
antusias mengikuti materi layanan BK
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
aktif bertanya
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
aktif menjawab
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
mengerjakan tugas yang diberikan konselor
|
|
|
|
|
5.
Peserta didik
hadir semua
|
|
|
|
D
|
Kesesuaiaan Program
|
|
|
|
|
1.
Program
disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
2.
Materi
layanan sesuaikebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
3.
Materi
layanan sesuai tugas perkembangan peserta didik
|
|
|
|
|
4.
Materi
layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
|
|
|
|
5.
Program
dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan
|
|
|
|
Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa Guru
BK
Nurdiansyah
AW,ST,M.Kom Dewi
Ratnawati,S.Psi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar