Kamis, 31 Januari 2019

RPL Penyesuaian Diri Remaja di Sekolah Baru


YAYASAN PUSAT PENDIDIKAN ISLAM SUDIRMAN (YAPPIS)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN, MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3 KupangJetisAmbarawaTelp
 




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Sosial
C
Topik / Tema Layanan
Penyesuaian Diri Remaja di Sekolah Baru
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli dapat mengenal aspek-aspek penyesuaian diri serta dapat menerapkan sikap dan kebiasaan dengan lingkungannya
F
Tujuan Khusus
1.    Peserta didik/konseli dapat memahami pengertian dan proses penyesuaian diri
2.    Peserta didik/konseli  dapat memahami karakteristik penyesuaian diri
3.    Peserta didik/konseli dapat memahami cara menyesuaikan diri di sekolah
G
Sasaran Layanan
Kelas 10
H
Materi Layanan
1.     Pengertian dan proses penyesuain diri
2.     Karakteristik penyesuaian diri
3.     Cara menyesuaikan diri di sekolah
I
Waktu
2 Kali Pertemuan x  45 Menit
J
Sumber Materi
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang sosial, Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4.  EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalamBimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point,Penyesuaian diri di lingkungan sekolah baru
M
Pelaksanaan
1. Tahap Awal /Pedahuluan
a.   PernyataanTujuan


1.  Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.  Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.   Menyampaikan tujuan-tujuankhusus yang akandicapai
b.  Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
d. Tahap peralihan
( Transisi)
Guru BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatan, dan memulaiketahap inti
2. Tahap Inti
a.       Kegiatanpesertadidik
1.     Mengamati tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.     Melakukan Brainstorming/curah pendapat
3.     Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.     Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.

b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
1.     Menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.     Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3.     Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4.     Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5.     Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.     Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.     Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan

3. Tahap Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.     Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan  kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara lisan
3.     Guru BKmemberipenguatan dan rencanatindaklanjut
4.     Guru BKmenutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
N
Evaluasi

1.  EvaluasiProses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2.  Mengamati sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Mengamati  cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Mengamati cara peserta didik dalammemberikan penjelasan terhadappertanyaan guru BK
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasidenganinstrumen yang sudahdisiapkan, antara lain :
1.  Evaluasitentang suasana pertemuan denganinstrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Evaluasiterhadap topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Evaluasiterhadap cara Guru BK dalam menyampaikanmateri: mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Evaluasiterhadap kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Uraianmateri
2.      Lembarkerjasiswa
3.      Instrumenpenilaian
     
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIslam Sudirman 2 Ambarawa                           Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi


Lampiran 1. Uraian Materi

PENYESUAIAN DIRI REMAJA LINGKUNGAN SEKOLAH BARU

a.  Pengertian dan Proses PenyesuaianDiri
Penyesuaiandapatdiartikansebagaiberikut :
1.    Penyesuaianberartiberadaptasi; dapatmempertahankaneksistensiya, ataubisa survive dan memperolehkesejahteraanjasmaniah dan rohaniah, dan dapatmengadakanrelasi yang memuaskandengantuntutansosial.
2.    Penyesuaiandapat juga diartikansebagaikonformitas yang berartimenyesuaikansesuatudenganstandaratauprinsip.
3.    Penyesuaian dapat diartikan sebagai penguasaan, yaitu memiliki kemampuan untuk membuat rencana dan mengorganisasi respon-respon sedemikian rupa, sehingga bisa mengatasi segala macam konflik, kesulitan dan frustasi secara efisien. Individumemilikikemampuanmenghadapirealitashidupdengancara yang adekuat.
4.    Penyesuaiandapatdiartikanpenguasaan dan kematanganemosional. Kematanganemosionalmaksudnyaialahsecarapositifmemilikiresponemosional yang tepat pada setiatsituasi.
Dengandemikian, dapatdisimpulkanbahwapenyesuaianadalahusahamanusiauntukmencapaikeharmonisan pada dirisendiri dan pada lingkungannya.
Proses PenyesuaianDiri
Penyesuaiandiriadalah proses bagaimanaindividumencapaikeseimbangandiridaammemenuhikebutuhansesuaidenganlingkungannya. Responpenyesuaian, baikatauburuksecarasederhanadapatdipandangsebagaisuatuupayaindividuuntukmereduksitauamenjauhiketegangan dan untukmemeliharakondisi-kondisikeseimbangan yang lebihwajar. Dalam proses penyesuaianitudapatsajamunculkonflik, tekanan, dan frustasi dan individudidorongmenelitiberbagaikemungkinanperilakuuntukmembebaskandiridariketegangan.
Elemen-elemenumum dan esensialdalamsemuasituasifrustasiialah : motivasi, frustasi, respon yang bervariasi, dan pemecahanuntukmereduksimasalah, ketegangandenganbeberapabentukrespon. Motivasimengambilvariasibentuk dan setiapbentukdapatdiarahkankepadarintanganataufrustasi yang disebabkan oleh beberapaaspekrealitas, misalnya : pembatasan orang tua, hambatanfisik, aturan social, dan semacamnya.
Individu dikatakan berhasil dalam melakukan penyesuaina diri apabila ia dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara-cara yang wajar atau apabila dapat diterima oleh lingkungan tanpa merugikan atau mengganggu lingkungannya.
b. KarakteristikPenyesuaianDiri
Mereka yang tergolongmampumelakukanpenyesuaiandirisecarapositifditandaihal-halsebagaiberikut :
1.  Tidakmenunjukkanadanyaketeganganemosional
2.  Tidakmenunjukkanadanyamekanisme-mekanismepsikologis
3.    Tidakmenunujukkanadanyafrustasipribadi
4.    Memilikipertimbanganrasional dan pengarahandiri
5.    Mampudalambelajar
6.    Menghargaipengalaman
7.    Bersikaprealistik dan objektif
Dalammelakukanpenyesuaiandirisecarapositif, individuakanmelakukandalamberbagaibentuk, antara lain :
1.    Penyesuaiandenganmenghadapimasalahsecaralangsung
     Dalamsituasiini, individusecaralangsungmenghadapimasalahdengansegalaakibat-akibatnya. Iamelakukansegalatindakansesuaidenganmasalah yang dihadapinya.
2.    Penyesuaiandenganmelakukaneksplorasi
Dalamsituasiiniindividumencaribahanpengalamanuntukdapatmenghadapi dan memecahkanmasalahnya.
3.    Penyesuaiandengan trial and error (coba-coba)
Dalamcaraini, Individumelakukansuatutindakancoba-cobadalamartikalaumenguntungkanditeruskan dan kalaugagaltidakditeruskan
4.    Penyesuaiandengansubstitusi
Jikaindividumerasagagaldalammenghadapimasalah, makaiadapatmemperolehpenyesuaiandenganjalanmencaripengganti.
5.    Penyesuaiandiridenganmenggalikemampuanpribadi
Individumencobamenggalikemampuan-kemampuankhususdalamdirinya, dan kemudiandikembangkansehinggadapatmembantupenyesuaiandiri.
6.  Penyesuaiandiridenganbelajar
Denganbelajar, individuakanbanyakmemperolehpengetahuan dan ketrampilan yang dapatmembantumenyesuaikandiri.

7. Penyesuaiandiridenganinhibisi dan control diri
Dalamsituasiini, individuberusahamemilihtindakan mana yang harusdilakukan, dantindakan mana yang tidakperludilakukan.
8.  Penyesuaiandiridenganperencanaan yang cermat
Dalamsituasiini, tindakan yang dilakukanmerupakankeputusan yang diambilberdasarkanperencanaancermat.

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Proses PenyesuaianDiri
Secarakeseluruhankepribadianmempunyaifungsisebagaipenentu primer terhadappenyesuaiandiri. Penetuberarti factor yang mendukung, mempengaruhi, ataumenimbulkanefek pada proses penyesuaian.
     Secarasekunder, proses penyesuaianditentukan oleh faktor-faktor yang menentukankepribadianitusendiribaik internal maupuneksternal. Penentu-penentutersebutdikelompokkansebagaiberikut :
1.    Kondisijasmaniah yang meliputi, pembawaan, konstitusifisik, susunansaraf, kelenjar, system otot, kesehatan dan sebagainya.
2.    Perkembangan dan kematangan, terutamakematanganintelektual, sosial, moral, dan emosional
3.    Penentupsikologis, yang meliputipengalaman, belajar, pembiasaan, determinasidiri, frustasi, dan konflik
4.    Kondisilingkungan, terutamarumah, keluarga dan sekolah
5.    Penentukulutural dan agama
                       
c.  Cara Menyesuaikan Diri di Sekolah
Berikut cara untuk menyesuaikan diri remaja di sekolah, antara lain :
1.    Pelajari Situasi
Penting dan perlu kalian perhatikan pertama yaitu; sebelum masuk sekolah, belajar untuk mengenal lebih dekat lingkungan sekolah, baik letak geografis sekolah, arah perjalanan dari rumah ke sekolah, lingkungan sekitar sekolah, dan sebagainya. Anda biasakanuntukmengenal situasi baru dan beradaptasi di dalamnya. Anda tidakperlutakut pada situasi yang baru, pastikan Anda amanberada di lingkungansekolahtersebut.

2. Berbaik sangka
Hilangkan segera pikiran kalian bahwa lingkungan sekolah baru nanti kurang menyenangkan termasuk kekhawatiran tentang teman-teman yang tidak bersahabat atau guru-guru kurang ramah. Ganti kalimat tersebut, penuhi otak dengan kalimat-kalimat positif seperti lingkungan sekolah baru akan sangat menyenangkan, teman-teman mengasyikkan dan guru-gurunya pun ramah.
3.  Sesuaikan keadaan Sekolah
Sebaiknya dari jauh-jauh hari, siapkan informasi tentang sekolah barunya. Entah peraturan sekolah atau kebiasaan guru-guru mengajar. Nah, tetapkan keteraturan kegiatan sekolah dengan di rumah. Misalnya, sesuaikan jadwal bangun dengan jadwal masuk sekolah.
4.  Mengetahui Aturan    
Segera kalian sadari bahwa memasuki sekolah baru berarti memasuki tempat yang telah mempunyai aturan. Peraturan sekolah bisa saja berbeda dengan sekolah sebelumnya. Ikuti dan patuhi peraturan yang ada
5.  Mengikuti MOS
Mengikuti kegiatan MOS sangat penting bagi kalian. Masa orientasi sekolah adalah salah satu masa yang bisa dimanfaatkan untuk mengenal lingkungan sekolah. Pada kegiatan tersebut akan diperkenalkan siapa saja elemen lingkungannya seperti kepala sekolah, guru-guru, staf tata usaha, peraturan yang berlaku, kegiatan formal sekolah yang wajib diikuti dan kegiatan ektrakurikuler yang bisa dipilih setiap siswa, dan sekaligus momen yang bisa digunakan untuk mengenal teman baru.
6. Kenali dan hormati guru
Kalian harus kenali dan hormat kepada guru yang ada. Lalu bagaimana cara beradaptasi dengan guru. Guru adalah orang tua saat di sekolah sehingga perlakukan layaknya sedang berhadapan dengan orang tua di rumah. Selain itu, guru adalah individu-individu yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. bertanya pada kakak kelas apa yang tidak disukai oleh guru-guru di sekolah sehingga bisa diantisipasi lebih dulu. Pada dasarnya setiap orang senang diperlakukan dengan baik serta dihargai sesuai porsi dan perannya. Sebagai siswa, membiasakan diri untuk bertutur kata sopan dan bersikap santun terhadap guru-guru. Hal ini akan membuat guru-guru merasa dihargai. Jangan ragu untuk menyapa dan memberi salam setiap guru yang berpapasan.
7.  Menghargai sesama
Siapa yang menanam kebaikan maka akan mendapatkan kebaikan pula, begitu juga siapa yangmenghargai orang lain, maka akan dihargai pula oleh orang lain. kalimat itu harus kalian ingat dan terapkan. Selama  bisa saling menghargai dan menghormati teman baru maka tidak perlu takut. Tidak semua orang dapat dengan cepat menerima orang lain. Dengan memmulai percakapan sederhana yang ringan sehingga dapat mencairkan suasana, tetapi hindari memaksakan pendapat dan kehendak pada teman baru. Semakin  bisa menghargai teman baru, semakin cepat keakraban terjalin.
8.  Menjadi diri sendiri
Berada di lingkungan baru seperti sekolah baru, kalian memang sebaiknya ramah terhadap teman-teman yang baru dikenal, namun yang terpenting tetaplah menjadi diri sendiri. Jangan melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak mencerminkan siapa diri sesungguhnya. Hal-hal yang dilakukan tidak sesuai dengan kepribadian hanya akan membuat diri kurang nyaman yang bisa saja terbaca oleh teman baru. Menjadi diri sendiri akan memudahkan berinteraksi lebih natural yang mungkin saja mempermudah teman baru untuk mengenal lebih dalam.



Lampiran 2. Instrumen Penilaian

INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL

A.    PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)

1.    Jelaskanbagaimana proses penyesuaiandiri ?
2.    Sebut dan jelaskan factor – factor yang mempengaruhi proses penyesuaiandiri
3.    Berilah contoh penyesuaiandiri diLingkunganSekolahbarudan menghadapiteman – teman yang baru ! 
4.  Bagaimanakahkarakteristikpenyesuaiandiri ?
5. JelaskanBagaimana agar kitadapatmejadidirisendiri, sebutkancontohnya !

B.     SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!

NO
PERNYATAAN
SETUJU
TIDAK SETUJU
1.
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di lingkungansekolahbaru


2.
Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di lingkungansekolahbaru, timbul kesadaran saya untuk selalu dapatmenyesuaikandiri di lingkunganmanapun


3.
Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuain diri remaja di lingkungan sekolah barusaya menyadari bahwa saya seringtidakmampudalammenyesuaikandiri


4.
Materi layanan BK  tentang Penyesuaindiriremaja di lingkungansekolahbaru, menyadarkan saya akan pentingnya proses penyesuaindiridalamlingkungansekitar



C.    KETRAMPILAN (ACTION)

Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di lingkungansekolahbaru, melakukan kegiatan diskusi :
Diskusikan bersama teman Anda secara berkelompok! tiap kelompok terdiri atas 4-7 siswa. buatkah laporan dan kesimpulan dari hasil diskusi tersebut kepada guru Anda.
Dalam kehidupan di lingkungan sekolah yang baru, kita akan bergaul dengan teman baru, guru-guru yang baru, dan alam sekitar yang baru, misalnya pada saat Masa Orientasi Peserta Didik Baru. Bagaimana caranya agar dirikitadapat di terimadenganbaik di lingkunganbarutersebut ?







INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)


NO
PROSES YANG DINILAI
HASIL PENGAMATAN
KET
YA
TIDAK
A
Keterlaksanaan program




1.    Program layanan terlaksana sesuai dengan RPL




2.    Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL




3.    Metode yang digunakan variatif dan menarik




4.    Menggunakan media layanan BK




5.    RPL minimal terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian



B
Perolehan Siswa Pasca Layanan




1.    Peserta didik memperoleh pemahaman baru




2.    Peserta didik mempunyai perasaan positif




3.    Peserta didik berkurang masalahnya




4.    Peserta didik terentaskan masalahannya




5.     Berkembangnya PTSDL



C
Perhatian Peserta Didik




1.    Peserta didik antusias mengikuti materi layanan BK




2.    Peserta didik aktif bertanya




3.    Peserta didik aktif  menjawab




4.    Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan konselor




5.    Peserta didik hadir semua



D
Kesesuaiaan Program




1.    Program disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik




2.    Materi layanan sesuaikebutuhan peserta didik




3.    Materi layanan sesuai tugas  perkembangan peserta  didik




4.    Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas




5.    Program dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan





                                                                                                            Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa                          Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar