Kamis, 31 Januari 2019

RPL Motivasi berprestasi


YAYASAN PUSAT PENDIDIKAN ISLAM SUDIRMAN (YAPPIS)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN, MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3 KupangJetisAmbarawaTelp
 

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Belajar
C
Topik / Tema Layanan
Motivasi berprestasi
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli mampu memahami pengertian motivasi berprestasi, mengetahui dan menerapkan cara untuk meningkatkan motivasi berprestasi
F
Tujuan Khusus
1.    Peserta didik/konseli dapat memahami pengertian motivasi
2.    Peserta didik/konseli  dapat memahami motivasi berprestasi
3.    Peserta didik/konseli dapat memahami cara menumbuhkan motivasi berprestasi
G
Sasaran Layanan
Kelas 10
H
Materi Layanan
1.     Pengertian motivasi
2.     Motivasi berprestasi
3.     Cara menumbuhkan motivasi berprestasi
I
Waktu
2 Kali Pertemuan x  45 Menit
J
Sumber Materi
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang belajar, Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4.  EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalamBimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point, Motivasi Berprestasi
M
Pelaksanaan
1. Tahap Awal /Pedahuluan
a.   PernyataanTujuan


1.  Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.  Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.   Menyampaikan tujuan-tujuankhusus yang akandicapai
b.  Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
d. Tahap peralihan
( Transisi)
Guru BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatan, dan memulaiketahap inti
2. Tahap Inti
a.       Kegiatanpesertadidik
1.     Mengamati tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.     Melakukan Brainstorming/curah pendapat
3.     Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.     Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.

b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
1.     Menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.     Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3.     Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4.     Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5.     Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.     Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.     Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan

3. Tahap Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.     Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan  kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara lisan
3.     Guru BKmemberipenguatan dan rencanatindaklanjut
4.     Guru BKmenutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
N
Evaluasi

1.  EvaluasiProses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2.  Mengamati sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Mengamati  cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Mengamati cara peserta didik dalammemberikan penjelasan terhadappertanyaan guru BK
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasidenganinstrumen yang sudahdisiapkan, antara lain :
1.  Evaluasitentang suasana pertemuan denganinstrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Evaluasiterhadap topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Evaluasiterhadap cara Guru BK dalam menyampaikanmateri: mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Evaluasiterhadap kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Uraianmateri
2.      Lembarkerjasiswa
3.      Instrumenpenilaian
     
                                                                                                            Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa                          Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi



Lampiran 1. Uraian Materi

MOTIVASI BERPRESTASI

a. Pengertian Motivasi
1.  Motivasi
Motivasi adalah daya penggerak di dalam diri seseorang untuk berbuat sendiri. Motivasi merupakan kondisi internal individu yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Peran motivasi adalah sebagai pemasok daya (energizer) untuk bertingkah laku secara terarah (Gleitman 1986)
2.  FilosofiMotivasi
a.  Pada hakekatnyamotivasidiyakinisebagaihasilpenguatan (reinforcement)    
     Contoh :Perolehannilaibagusataupujianguruakanmenambahmotivasibelajar
a.    Doronganseseoranguntukmenunjukkanbahwadirinyapositif (seorang yang baik) adalahmotivasiuntukmendapatkanstandarkepuasandiri (cognitivedissonance)
b.    Teoriatribusimenemukanduafenomenamotivasi :
1.   Siswa yang meyakinibahwasuksesataugagalitudisebabkanolehfaktorkemampuan  dan usahadalamdiri (internal)
2.   Siswa yang percayabahwaberhasilataugagalitudisebabkanolehfaktorluardiri(external). Keyakinan inilah yang perlu diluruskan

b.    Teori Self – Worth         
Seorang individu itu belajar dari persepsi masyarakat bahwa seseorang itu dinilai/dihargai karena prestasinya. Kegagalan akan membuat perasaan diri yang tidak berharga
e.  Teori Ekspektasi
Motivasi seseorang tergantung pada besarnya kemungkinan berhasil  dan bagaimana makna suatu keberhasilan itu bagi dirinya, contohnya :
1.   Saya yakin dapat memperoleh nilai tinggi kalau saya mau mencoba, dan bagi saya nilai itu adalah sesuatu yang sangat penting.
2.   Ada keyakinan bahwa saya bisa tergolong sebagai orang-orang yang berprestasi itu penting.

f.   Teori Humanistik
          Dorongan jiwa tergerak karena ingin memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Kebutuhan yang menggerakkan orang bertingkah laku :
1.   Kebutuhan fisik (makan, pakaian, tempat tinggal, air dan udara), kebutuhan ini paling dasar sifatnya.
2.   Kebutuhan rasa aman, bebas suasanaancaman dan bahaya
3.   Kebutuhan untuk diterima dan dikasihsayangi atau dicintai
4.   Kebutuhanuntukmemperolehpengakuan&persetujuan
5.   Kebutuhan ingin tahu, mengerti, dan menyelidiki
6.   Kebutuhan mendapatkan keindahan dan kondisi teratur
7.   Kebutuhan aktualisasi diri menjadi apapun yang diinginkan





g. Maslow dalam teori kebutuhannya menggambarkan motivasi dalam bentuk Piramid sebagai berikut :
Kebutuhan
Aktualisasi
(actuallyzation
needs)
Kebutuhan Harga Diri
(self esteem needs)
Kebutuhan Sosial (social need)
Bergaul, berteman, berkelompok
Kebutuhan Rasa Aman (savety needs)
Rasa aman, tentram, kasih saying dan cinta
Kebutuhan Dasar (biological needs)
Makan, minum, rumah, uang, materi, dan lain-lain
 
















Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik
Secara umummotivasidapatdibedakanmenjadiduajenis, yaitu :        
·      Motivasi Instrinsik, yaitu : Dorongan yang bersumber dari dalam diri seseorang Contoh : dorongan ingin minum, dorongan ingin bisa dan lain-lainnya
·      MotivasiEkstrinsik, yaitu : Doronganuntukberbuatsesuatu yang berasaldariluardiriContoh : seseorangbertingkahlakukarenaadanyapenghargaan, pengakuan, pujian, hadiah dan sebagainya
Dalam praktik kedua motivasi tersebut harus dikombinasikan.

b.  Motivasi Berprestasi
Motivasi berprestasi adalah dorongan untuk berjuang,bekerja habis-habisan untuk mencapai sukses.Daya dorong yang terdapat dalam diri seseorang sehingga orang tersebut berusaha untuk melakukan sesuatu tindakan / kegiatan dengan baik dan berhasil dengan predikat unggul (excellent);dorongan tersebut dapat berasal dari dalam dirinya atau berasal dari luar dirinya. Orang yang motivasinya tinggi bukan berarti tidak pernah gagal. Tetapi bila  gagal ia akan bangkit, bahkan berusaha lebih keras lagi. Sampai akhirnya sukses (Weiner, 1980)
Ada tiga jenis tingkatan motivasi seseorang yaitu :
1.    Motivasi pertama adalah motivasi yang didasarkan atas ketakutan (fear motivation). Dia melakukan sesuatu karena takut jika tidak maka sesuatu yang buruk akan terjadi, misalnya orang patuh pada bos karena takut dipecat, anak belajar karena diancam tidak diberi uang saku
2.    Motivasi kedua adalah karena ingin mencapai sesuatu (achievement motivation). Motivasi ini jauh lebih baik dari motivasi yang pertama, karena sudah ada tujuan di dalamnya. Seseorang mau melakukan sesuatu karena dia ingin mencapai suatu sasaran atau prestasi tertentu.
3.    Sedangkan motivasi yang ketiga adalah motivasi yang didorong oleh kekuatan dari dalam (inner motivation), yaitu karena didasarkan oleh misi atau tujuan hidupnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi, meliputi:
a.   Faktor Individual
Dalam hal ini, faktor individual yang dimaksud terutama adalah faktor intelegensi dan faktor penilaian individu tentang dirinya.
b.  Faktor Lingkungan
Maksud dari faktor lingkungan disini adalah segala sesuatu yang berada diluar diri individu, yang turut mempengaruhi motivasi berprestasinya.
Faktor lingkungan ini dibagi menjadi 3, yaitu :
1)   Lingkungan Keluarga
Relasi yang kurang harmonis dalam keluarga dapat menimbulkan gangguan-gangguan emosional pada anggota keluarga, termasuk anak sebagai anggota sebuah keluarga.
2)  Lingkungan Sosial
Merupakan lingkungan sekitar tempat individu hidup dan bergaul sehari-hari. Lingkungan sekitar yang banyak memberikan rangsangan akan membantu meningkatkan rasa ingin tahu individu

3)  Lingkungan Akademik
Lingkungan akademik menyangkut sejauh mana sebuah institusi pendidikan dapat memenuhi kebutuhan individu sebagai siswa berprestasi di sekolahnya,
PastikanMotivasiBerprestasi Anda Tinggi
Tanda-tanda orang yang memiliki dorongan kesuksesan tinggi :
1.   Lebihsuka dan puasterhadapprestasihasilusahasendiri
2.    Suksesitubukankarenanasibmujur, tetapihasilperjuangan
3.    Kegagalanbukanberarti sial, tetapikarenavolumeusahanyamasihkurang
4.    Merekakreatif, lebihgigih, energik, lebihsukabertindakdaripadaberdiamdiri, produktif,  dan penuhinisiatif
5.    Sukatantangan dan memilih tugas yang resikonyarealistiksesuaikemampuannyata yang dimiliki.
6.    Selalu mengevaluasi dan mencari umpan balik untuk lebih giat lagi

c.  Cara Menumbuhkan Motivasi Berprestasi
Motivasi berprestasi tidak dibawa sejak lahir, tetapi suatu proses yang dipelajari, dilatih, ditingkatkan, dan dikembangkan. Berikut ini kiat-kiatnya :
1.    Tetapkan tujuan (goal setting),  yakin dan optimislah bahwa kita dapat berubah, bahkan kita memang harus berubah untuk mencapai titik maksimum
2.    Susunlah target yang masuk akal. Saya harus meraih peningkatan dalam setiap kurun waktu, 2 atau 3 poin seminggu
3.    Belajar menggunakan bahasa prestasi. Gunakanlah kata-kata optimistis misalnya “masih ada peluang lagi”. Jadikan konsep ini sebagai budaya berfikir, berbicara, berdialog, dan bertindak
4.    Belajar sendiri cermat menganalisis diri. Masih adakah cara berfikir, perilaku, dan kebiasaan saya yang kurang menguntungkan
Perkaya motivasi. Kekayaan motivasi membuat kita tidak kehabisan pemasok daya penggerak. Fokuskan pada motivasi instrinsik (dalam diri). Sentuhan perasaan, fikiran, dan motivasi dari orang-orang terdekat juga dapat dimanfaatkan






























Lampiran 2. Instrumen Penilaian

INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL

A.    PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)

1.    Jelaskantentangmotivasiberprestasimenurutanda !
2.    Sebut dan jelaskanFaktor yang mempengaruhimotivasiberprestasi
3.    Sebut dan jelaskanmenurutteorihumanistic kebutuhan yang mempengaruhitingkahlaku !
4.    Gambarkanteorikebutuhanmotivasidalambentukpiramid !
5.    Bagaimanacaramenumbuhkanmotivasiberprestasi ?

B.     SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!

NO
PERNYATAAN
SETUJU
TIDAK SETUJU
1.
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Motivasiberprestasi


2.
Setelah menerima materi layanan BK tentangmotivasiberprestasi, timbul kesadaran saya untuk selalu dapatmemotivasidirisendiri


3.
Setelah menerima materi layanan BK tentang motivasiberprestasi saya menyadari bahwa saya seringtidakmampumemotivasidirisayasendiri


4.
Materi layanan BK  tentang potensidiriremaja, menyadarkan saya akan pentingnya memotivasidiri agar dapatberprestasi



C.    KETRAMPILAN (ACTION)

Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di lingkungansekolahbaru, melakukan kegiatan diskusi :
Tugasindividu,  buatkah laporan dan kesimpulan dari hasil diskusi tersebut kepada guru Anda.
buatlahsebuahvideo motivasi yang menceritakandirikamu, pilihsatuperisriwa yang dapatmemotivasi orang lain !! ”











INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)


NO
PROSES YANG DINILAI
HASIL PENGAMATAN
KET
YA
TIDAK
A
Keterlaksanaan program




1.    Program layanan terlaksana sesuai dengan RPL




2.    Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL




3.    Metode yang digunakan variatif dan menarik




4.    Menggunakan media layanan BK




5.    RPL minimal terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian



B
Perolehan Siswa Pasca Layanan




1.    Peserta didik memperoleh pemahaman baru




2.    Peserta didik mempunyai perasaan positif




3.    Peserta didik berkurang masalahnya




4.    Peserta didik terentaskan masalahannya




5.     Berkembangnya PTSDL



C
Perhatian Peserta Didik




1.    Peserta didik antusias mengikuti materi layanan BK




2.    Peserta didik aktif bertanya




3.    Peserta didik aktif  menjawab




4.    Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan konselor




5.    Peserta didik hadir semua



D
Kesesuaiaan Program




1.    Program disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik




2.    Materi layanan sesuaikebutuhan peserta didik




3.    Materi layanan sesuai tugas  perkembangan peserta  didik




4.    Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas




5.    Program dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan





                                                                                                            Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa                          Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar