SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK
KOMPUTER & JARINGAN, MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3 KupangJetisAmbarawaTelp
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C
|
Topik / Tema Layanan
|
Motivasi
berprestasi
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli mampu memahami pengertian motivasi
berprestasi, mengetahui dan menerapkan cara untuk meningkatkan motivasi
berprestasi
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta
didik/konseli dapat memahami pengertian motivasi
2.
Peserta
didik/konseli dapat memahami motivasi
berprestasi
3.
Peserta
didik/konseli dapat memahami cara menumbuhkan motivasi berprestasi
|
G
|
Sasaran
Layanan
|
Kelas 10
|
H
|
Materi
Layanan
|
1. Pengertian motivasi
2. Motivasi berprestasi
3. Cara menumbuhkan motivasi berprestasi
|
I
|
Waktu
|
2 Kali
Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber Materi
|
1.
Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10,
Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang belajar, Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4.
EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan
(games) dalamBimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah,
Curah pendapat dan tanya jawab
|
L
|
Media / Alat
|
LCD, Power Point, Motivasi Berprestasi
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
1. Tahap Awal
/Pedahuluan
|
||
a. PernyataanTujuan
|
1.
Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.
Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan
kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan-tujuankhusus yang akandicapai
|
|
b. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas
dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari
ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan
melakukan dengan baik.
|
|
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan
tentang topik yang akan dibicarakan
|
|
d. Tahap peralihan
( Transisi)
|
Guru BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatan,
dan memulaiketahap inti
|
|
2. Tahap Inti
|
||
a. Kegiatanpesertadidik
|
1.
Mengamati
tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.
Melakukan Brainstorming/curah
pendapat
3.
Mendiskusikan dengan
kelompok masing-masing
4. Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain
menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.
|
|
|
b. Kegiatan Guru BK/Konselor
|
1. Menayangkan media
slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2. Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3. Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4. Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5. Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6. Mengevaluasi
hasil diskusi peserta didik
7. Membuat catatan-catatan observasi selama
proses layanan
|
|
3. Tahap
Penutup
|
1. Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2. Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan kemanfaatan dan kebermaknaan
kegiatan secara lisan
3. Guru BKmemberipenguatan dan rencanatindaklanjut
4. Guru BKmenutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri
dengan salam
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
1. EvaluasiProses
|
Guru
BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi
:
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2. Mengamati sikap
atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Mengamati
cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Mengamati cara
peserta didik dalammemberikan penjelasan terhadappertanyaan guru BK
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasidenganinstrumen yang sudahdisiapkan,
antara lain :
1. Evaluasitentang
suasana pertemuan denganinstrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Evaluasiterhadap topik
yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Evaluasiterhadap cara
Guru BK dalam
menyampaikanmateri:
mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4. Evaluasiterhadap kegiatan
yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Uraianmateri
2. Lembarkerjasiswa
3.
Instrumenpenilaian
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa Guru
BK
Nurdiansyah
AW,ST,M.Kom Dewi
Ratnawati,S.Psi
Lampiran 1. Uraian Materi
MOTIVASI BERPRESTASI
a. Pengertian
Motivasi
1. Motivasi
Motivasi adalah daya penggerak di dalam diri
seseorang untuk berbuat sendiri. Motivasi merupakan kondisi internal individu
yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Peran motivasi adalah sebagai pemasok
daya (energizer) untuk bertingkah
laku secara terarah (Gleitman 1986)
2. FilosofiMotivasi
a. Pada hakekatnyamotivasidiyakinisebagaihasilpenguatan (reinforcement)
Contoh
:Perolehannilaibagusataupujianguruakanmenambahmotivasibelajar
a.
Doronganseseoranguntukmenunjukkanbahwadirinyapositif (seorang yang
baik) adalahmotivasiuntukmendapatkanstandarkepuasandiri (cognitivedissonance)
b. Teoriatribusimenemukanduafenomenamotivasi
:
1.
Siswa yang
meyakinibahwasuksesataugagalitudisebabkanolehfaktorkemampuan dan usahadalamdiri (internal)
2.
Siswa yang percayabahwaberhasilataugagalitudisebabkanolehfaktorluardiri(external).
Keyakinan inilah yang perlu diluruskan
b.
Teori Self – Worth
Seorang individu itu belajar dari persepsi
masyarakat bahwa seseorang itu dinilai/dihargai karena prestasinya. Kegagalan
akan membuat perasaan diri yang tidak berharga
e. Teori
Ekspektasi
Motivasi seseorang tergantung pada besarnya
kemungkinan berhasil dan bagaimana makna
suatu keberhasilan itu bagi dirinya, contohnya :
1.
Saya yakin dapat memperoleh nilai tinggi kalau saya mau mencoba, dan bagi
saya nilai itu adalah sesuatu yang sangat penting.
2.
Ada keyakinan bahwa saya bisa tergolong sebagai orang-orang yang
berprestasi itu penting.
f. Teori Humanistik
Dorongan jiwa tergerak karena ingin memenuhi
kebutuhan-kebutuhannya. Kebutuhan yang
menggerakkan orang bertingkah laku :
1.
Kebutuhan fisik (makan, pakaian, tempat tinggal, air dan udara), kebutuhan
ini paling dasar sifatnya.
2.
Kebutuhan rasa aman, bebas suasanaancaman dan bahaya
3.
Kebutuhan untuk
diterima dan dikasihsayangi atau dicintai
4.
Kebutuhanuntukmemperolehpengakuan&persetujuan
5.
Kebutuhan ingin
tahu, mengerti, dan menyelidiki
6.
Kebutuhan mendapatkan keindahan dan kondisi teratur
7.
Kebutuhan
aktualisasi diri menjadi apapun yang diinginkan
g. Maslow dalam
teori kebutuhannya menggambarkan motivasi dalam bentuk Piramid sebagai berikut
:
Kebutuhan
Aktualisasi
(actuallyzation
needs)
|
Kebutuhan
Harga Diri
(self esteem needs)
|
Kebutuhan
Sosial (social need)
Bergaul, berteman,
berkelompok
|
Kebutuhan Rasa Aman (savety needs)
Rasa aman, tentram, kasih saying dan cinta
|
Kebutuhan
Dasar (biological needs)
Makan,
minum, rumah, uang, materi, dan lain-lain
|
Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik
Secara umummotivasidapatdibedakanmenjadiduajenis,
yaitu :
·
Motivasi Instrinsik, yaitu : Dorongan yang bersumber dari dalam diri
seseorang Contoh : dorongan ingin minum, dorongan ingin bisa dan
lain-lainnya
·
MotivasiEkstrinsik, yaitu : Doronganuntukberbuatsesuatu yang berasaldariluardiriContoh
: seseorangbertingkahlakukarenaadanyapenghargaan, pengakuan, pujian, hadiah dan
sebagainya
Dalam praktik
kedua motivasi tersebut harus dikombinasikan.
b. Motivasi Berprestasi
Motivasi berprestasi adalah dorongan untuk
berjuang,bekerja habis-habisan untuk mencapai sukses.Daya dorong yang terdapat dalam diri seseorang sehingga orang
tersebut berusaha untuk melakukan sesuatu tindakan / kegiatan dengan baik dan
berhasil dengan predikat unggul (excellent);dorongan tersebut dapat
berasal dari dalam dirinya atau berasal dari luar dirinya. Orang yang motivasinya tinggi bukan berarti
tidak pernah gagal. Tetapi bila gagal ia
akan bangkit, bahkan berusaha lebih keras lagi. Sampai akhirnya sukses (Weiner,
1980)
Ada tiga jenis tingkatan motivasi seseorang yaitu :
1.
Motivasi
pertama adalah motivasi yang didasarkan atas ketakutan (fear motivation). Dia melakukan sesuatu karena takut jika tidak
maka sesuatu yang buruk akan terjadi, misalnya orang patuh pada bos karena takut
dipecat, anak belajar karena diancam tidak diberi uang saku
2.
Motivasi kedua
adalah karena ingin mencapai sesuatu (achievement
motivation). Motivasi ini jauh lebih baik dari motivasi yang pertama,
karena sudah ada tujuan di dalamnya. Seseorang mau melakukan sesuatu karena dia
ingin mencapai suatu sasaran atau prestasi tertentu.
3.
Sedangkan
motivasi yang ketiga adalah motivasi yang didorong oleh kekuatan dari dalam (inner motivation), yaitu karena
didasarkan oleh misi atau tujuan hidupnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi, meliputi:
a. Faktor Individual
Dalam hal ini, faktor individual yang dimaksud terutama adalah
faktor intelegensi dan faktor penilaian individu tentang dirinya.
b. Faktor Lingkungan
Maksud dari faktor lingkungan disini adalah segala sesuatu yang
berada diluar diri individu, yang turut mempengaruhi motivasi berprestasinya.
Faktor lingkungan ini dibagi menjadi 3, yaitu :
1) Lingkungan Keluarga
Relasi yang kurang harmonis dalam keluarga dapat menimbulkan
gangguan-gangguan emosional pada anggota keluarga, termasuk anak sebagai
anggota sebuah keluarga.
2) Lingkungan Sosial
Merupakan lingkungan sekitar tempat individu hidup dan bergaul
sehari-hari. Lingkungan sekitar yang banyak memberikan rangsangan akan membantu
meningkatkan rasa ingin tahu individu
3) Lingkungan Akademik
Lingkungan akademik menyangkut sejauh mana sebuah institusi
pendidikan dapat memenuhi kebutuhan individu sebagai siswa berprestasi di
sekolahnya,
PastikanMotivasiBerprestasi Anda Tinggi
Tanda-tanda orang yang memiliki dorongan
kesuksesan tinggi :
1.
Lebihsuka dan puasterhadapprestasihasilusahasendiri
2.
Suksesitubukankarenanasibmujur, tetapihasilperjuangan
3.
Kegagalanbukanberarti sial, tetapikarenavolumeusahanyamasihkurang
4.
Merekakreatif, lebihgigih, energik,
lebihsukabertindakdaripadaberdiamdiri, produktif, dan penuhinisiatif
5.
Sukatantangan dan memilih tugas yang
resikonyarealistiksesuaikemampuannyata yang dimiliki.
6.
Selalu mengevaluasi dan mencari umpan balik untuk lebih giat lagi
c. Cara Menumbuhkan Motivasi
Berprestasi
Motivasi berprestasi tidak dibawa
sejak lahir, tetapi suatu proses yang dipelajari, dilatih, ditingkatkan, dan
dikembangkan. Berikut ini kiat-kiatnya :
1.
Tetapkan tujuan (goal setting), yakin dan optimislah bahwa kita dapat
berubah, bahkan kita memang harus berubah untuk mencapai titik maksimum
2.
Susunlah target yang masuk akal. Saya harus
meraih peningkatan dalam setiap kurun waktu, 2 atau 3 poin seminggu
3.
Belajar menggunakan bahasa prestasi. Gunakanlah
kata-kata optimistis misalnya “masih ada peluang lagi”. Jadikan konsep ini
sebagai budaya berfikir, berbicara, berdialog, dan bertindak
4.
Belajar sendiri cermat
menganalisis diri. Masih adakah cara berfikir, perilaku, dan kebiasaan saya
yang kurang menguntungkan
Perkaya motivasi. Kekayaan motivasi membuat kita tidak kehabisan pemasok
daya penggerak. Fokuskan pada motivasi instrinsik (dalam diri). Sentuhan
perasaan, fikiran, dan motivasi dari orang-orang terdekat juga dapat
dimanfaatkan
Lampiran 2.
Instrumen Penilaian
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL
A.
PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)
1.
Jelaskantentangmotivasiberprestasimenurutanda !
2.
Sebut dan jelaskanFaktor yang mempengaruhimotivasiberprestasi
3.
Sebut dan jelaskanmenurutteorihumanistic kebutuhan
yang mempengaruhitingkahlaku !
4.
Gambarkanteorikebutuhanmotivasidalambentukpiramid !
5.
Bagaimanacaramenumbuhkanmotivasiberprestasi ?
B.
SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai
dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika
pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!
NO
|
PERNYATAAN
|
SETUJU
|
TIDAK SETUJU
|
1.
|
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Motivasiberprestasi
|
|
|
2.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentangmotivasiberprestasi,
timbul kesadaran saya untuk selalu dapatmemotivasidirisendiri
|
|
|
3.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentang motivasiberprestasi
saya menyadari bahwa saya seringtidakmampumemotivasidirisayasendiri
|
|
|
4.
|
Materi layanan BK tentang potensidiriremaja,
menyadarkan saya akan pentingnya memotivasidiri agar dapatberprestasi
|
|
|
C.
KETRAMPILAN (ACTION)
Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di
lingkungansekolahbaru, melakukan
kegiatan diskusi :
Tugasindividu, buatkah laporan dan
kesimpulan dari hasil diskusi tersebut kepada guru Anda.
“ buatlahsebuahvideo motivasi
yang menceritakandirikamu, pilihsatuperisriwa yang dapatmemotivasi orang lain
!! ”
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)
NO
|
PROSES YANG
DINILAI
|
HASIL
PENGAMATAN
|
KET
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Keterlaksanaan program
|
|
|
|
|
1.
Program
layanan terlaksana sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
2.
Waktu
pelaksanaan sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
3.
Metode yang
digunakan variatif dan menarik
|
|
|
|
|
4.
Menggunakan
media layanan BK
|
|
|
|
|
5.
RPL minimal
terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat,
Penilaian
|
|
|
|
B
|
Perolehan Siswa Pasca Layanan
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
memperoleh pemahaman baru
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
mempunyai perasaan positif
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
berkurang masalahnya
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
terentaskan masalahannya
|
|
|
|
|
5.
Berkembangnya
PTSDL
|
|
|
|
C
|
Perhatian Peserta Didik
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
antusias mengikuti materi layanan BK
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
aktif bertanya
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
aktif menjawab
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
mengerjakan tugas yang diberikan konselor
|
|
|
|
|
5.
Peserta didik
hadir semua
|
|
|
|
D
|
Kesesuaiaan Program
|
|
|
|
|
1.
Program
disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
2.
Materi
layanan sesuaikebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
3.
Materi
layanan sesuai tugas perkembangan
peserta didik
|
|
|
|
|
4.
Materi
layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
|
|
|
|
5.
Program
dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan
|
|
|
|
Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa Guru
BK
Nurdiansyah
AW,ST,M.Kom Dewi
Ratnawati,S.Psi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar