SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK
KOMPUTER & JARINGAN, MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3 KupangJetisAmbarawaTelp
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C
|
Topik / Tema Layanan
|
Strategi
belajar sesuai dengan gaya belajar
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli dapat memahami dan mengetahui tentang gaya
belajar serta strategi belajarnya untuk masing-masing gaya belajar tersebut
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta
didik/konseli dapat memahami pengertian belajar menurut para ahli
2.
Peserta
didik/konseli dapat memahami gaya
belajar
3.
Peserta didik/konseli dapat memahami modalitas belaja, ciri-ciri serta
strategi belajarnya
|
G
|
Sasaran
Layanan
|
Kelas 10
|
H
|
Materi
Layanan
|
1.
Pengertian belajar menurut para ahli
2.
Tentang Gaya belajar
3.
Modalitas belajar, ciri-ciri serta strategi belajarnya
|
I
|
Waktu
|
2 Kali
Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber Materi
|
1.
Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10,
Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang belajar, Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4.
EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan
(games) dalamBimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah,
Curah pendapat dan tanya jawab
|
L
|
Media / Alat
|
LCD, Power Point, Strategi
belajar sesuai dengan gaya belajar
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
1. Tahap Awal
/Pedahuluan
|
||
a. PernyataanTujuan
|
1.
Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.
Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan
kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan-tujuankhusus yang akandicapai
|
|
b. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas
dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari
ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan
melakukan dengan baik.
|
|
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan
tentang topik yang akan dibicarakan
|
|
d. Tahap peralihan
( Transisi)
|
Guru
BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatan, dan
memulaiketahap inti
|
|
2. Tahap Inti
|
||
a. Kegiatanpesertadidik
|
1.
Mengamati
tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.
Melakukan Brainstorming/curah
pendapat
3.
Mendiskusikan dengan
kelompok masing-masing
4. Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain
menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.
|
|
|
b. Kegiatan Guru BK/Konselor
|
1. Menayangkan media
slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2. Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3. Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4. Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5. Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6. Mengevaluasi
hasil diskusi peserta didik
7. Membuat catatan-catatan observasi selama
proses layanan
|
|
3. Tahap
Penutup
|
1. Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2. Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan kemanfaatan dan kebermaknaan
kegiatan secara lisan
3. Guru BKmemberipenguatan dan rencanatindaklanjut
4. Guru BKmenutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri
dengan salam
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
1. EvaluasiProses
|
Guru
BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi
:
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2. Mengamati sikap
atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Mengamati
cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Mengamati cara
peserta didik dalammemberikan penjelasan terhadappertanyaan guru BK
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasidenganinstrumen yang sudahdisiapkan,
antara lain :
1. Evaluasitentang
suasana pertemuan denganinstrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Evaluasiterhadap topik
yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Evaluasiterhadap cara
Guru BK dalam
menyampaikanmateri:
mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4. Evaluasiterhadap kegiatan
yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Uraianmateri
2. Lembarkerjasiswa
3.
Instrumenpenilaian
Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa Guru
BK
Nurdiansyah
AW,ST,M.Kom Dewi
Ratnawati,S.Psi
Lampiran 1. Uraian Materi
STRATEGI BELAJAR SESUAI DENGAN GAYA BELAJAR
a. Pengertian belajar
menurut para ahli
James O. Whittaker (Djamarah,
Syaiful Bahri , Psikologi Belajar) Belajar adalah Proses dimana tingkah laku
ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
Winkel, belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang
berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan
perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, nilai dan sikap.
R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar) Belajar
adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, ketrampilan,
kebiasaan dan tingkah laku.
Ciri-ciri Belajar - Hakikat belajar
Ciri-ciri belajar adalah sebagai berikut :
- Adanya kemampuan baru atau perubahan.
Perubahan tingkah laku bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan
(psikomotorik), maupun nilai dan sikap (afektif).
- Perubahan itu tidak berlangsung sesaat
saja melainkan menetap atau dapat disimpan.
- Perubahan itu tidak terjadi begitu saja
melainkan harus dengan usaha. Perubahan terjadi akibat interaksi dengan
lingkungan.
- Perubahan tidak semata-mata disebabkan
oleh pertumbuhan fisik atau kedewasaan, tidak karena kelelahan, penyakit
atau pengaruh obat-obatan
Hakekat belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan secara
sadar dan terus menerus melalui bermacam-macam aktivitas dan pengalaman guna
memperoleh pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku yang
lebih baik. Perubahan tersebut bisa ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti
perubahan dalam hal pemahaman, pengetahuan, perubahan sikap, tingkah laku dan
daya penerimaan.
Strategi adalah sebuah cara yang dipakai oleh seseorang dalam
melakukan sesuatu smart (cerdik)
b. Tentang Gaya Belajar
Gaya
belajar atau learning style sering
diartikan sebagai karakteristik dan preferensi atau pilihan individu mengenai
cara mengumpulkan informasi, menafsir kan, mengorganisasi, merespon, dan
memikirkan informasi tersebut. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan
kinerja dalam pekerjaan, di sekolah, dan dalam situasi-situasi antar pribadi.
Ketika Kamu sudah bisa mengenal gaya belajar Kamu yakni bagaimana Kamu menyerap
dan mengolah informasi, maka Kamu akan dapat menjadikan belajar dan
berkomunikasi lebih mudah sesuai dengan gaya belajar Kamu sendiri.
Ada tiga macam
gaya belajar, yaitu :
1.
Gaya Belajar Visual; yaitu gaya
belajar yang lebih banyak menggunakan indra mata sebagai alat untuk menyerap
informasi. Orang-orang visual banyak mengikuti ilustrasi atau membaca instruksi
sendiri.
2.
Gaya Belajar Auditorial; yaitu gaya belajar yang banyak menggunakan telinga sebagai alat
untuk menyerap informasi yang masuk. Orang-orang auditorial lebih senang
informasi itu dia dengarkan dari orang lain
3.
Gaya Belajar Kinestetik, yaitu gaya
belajar yang lebih menekankan praktik langsung atas apa yang sedang dipelajari.
orang-orang kinestetik lebih senang kalau dibiarkan mengerjakan sendiri atau
praktik langsung.
c. Modalitas Belajar , Ciri-ciri serta Strategi
Belajarnya
Lingkungan belajar memberi pengaruh
besar pada keberhasilan belajarmu. Karena itu, ciptakanlah suasana belajar yang
nyaman, sehat, dan santai. Lingkungan yang nyaman bersifat subjektif karena
terkait dengan modalitas belajar.
Jika Anda adalah seorang dengan modalitas VISUAL, pengingat-pengingat
visual seperti poster, akuarium atau lukisan akan membuatmu memiliki sikap
positif dalam belajar.
Jika Anda memiliki modalitas AUDITORIAL, penggunaan musik untuk
belajar atau suasana yang tenang tanpa suara merupakan syarat mutlak untuk
membantu Anda lebih berkonsentrasi.
Jika Anda memiliki modalitas KINESTETIK, biasanya senam ringan
diperlukan sebelum belajar. Bahkan, sekadar melompat-lompat di ruang belajar
dapat membantu Anda berkonsentrasi dalam belajar.
Setiap modalitas memiliki ciri-ciri
tersendiri, adapun ciri-ciri tersebut sebagai berikut :
Ciri-ciri Orang
dengan Modalitas Visual
1.
Rapi dan
teratur
2.
Berbicara
dengan cepat
3.
Perencana dan
pengatur jangka panjang yang baik
4.
Teliti terhadap
detail
5.
Mementingkan
penampilan
6.
Pengeja yang
baik dan dapat melikat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran mereka
7.
Lebih mengingat
apa yang dilihat daripada yang didengar
8.
Mengingat
dengan asosiasi visual
9.
Biasanya tidak
terganggu oleh keributan
10.
Mempunyai
masalah untuk menginat instruksi verbal kecuali ditulis dan seringkali minta
bantuan orang untuk mengulanginya.
11.
Pembaca cepat
dan tekun
12.
Lebih suka
membaca daripada dibacakan
13.
Memerlukan
pandangan hidup dan tujuan yang menyeluruh serta sikap waspada sebelum secara
mental merasa pasti mengenai suatu masalah atau proyek
14.
Mencorat-coret
tanpa arti selama berbicara di telepon dan dalam rapat
15.
Lupa
menyampaikan pesan verbal kepada orang lain
16.
Sering menjawab
pertanyaan dengan jawaban singkat “ya” atau “tidak”
17.
Lebih suka
melakukan demonstrasi daripada berpidato
18.
Lebih suka seni
lukis daripada seni musik
Strategi Belajar Efektifnya :
a.
Belajar dengan
gambar, diagram dan peta
b.
Membuat
coretan, simbol, tanda-tanda penting
c.
Gunakan video,
gambar-gambar berwarna
d.
Membuat
pengelompokan
Ciri-ciri Orang
dengan Modalitas Auditorial
1.
Berbicara
kepada diri sendiri pada saat bekerja
2.
Mudah terganggu
oleh keributan
3.
Menggerakkan
bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
4.
Senang membaca
dengan keras dan mengdengarkan
5.
Dapat
mengulangi kembali dan menirukan nada, irama dan warna suara
6.
Merasa
kesulitas untuk menulis, tetapi hebat dalam bercerita
7.
Berbicara dalam
irama yang terpola
8.
Biasanya
merupakan pembicara yang fasih
9.
Lebih suka seni
musik daripada seni lukis
10.
Belajar dengan
mendengarkan dan lebih mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat
11.
Suka berbicara,
suka berdiskusi, dan menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar
12.
Mempunyai
masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan visualisasi, seperti
memotong bagian-bagian hingga sesuai satu sama lain.
13.
Lebih pandai
mengeja dengan keras daripada menuliskan sesuatu
14.
Lebih suka
gurauan lisan daripada membaca komik
Strategi Belajar Efektifnya :
a.
Membaca dengan
suara / cerita
b.
Menulis ulang
yang dipelajari / ringkasan
c.
Diskusi, berdebat, wawancara
d.
Mendengar
melalui kaset, seminar, lokakarya
Ciri-ciri Orang
dengan Modalitas Kinestetik
1.
Berbicara
dengan perlahan
2.
Menanggapi
perhatian fisik
3.
Menyentuh orang
untuk mendapatkan perhatian mereka
4.
Berdiri dekat
ketika berbicara dengan orang
5.
Selalu
berorientasi pada fisik dan banyak
bergerak
6.
Mempunyai
perkembangan awal otot-otot yang besar
7.
Belajar melalui
manipulasi dan praktik
8.
Menghafal
dengan cara berjalan dan melihat
9.
Menggunakan
jari sebagai penunjuk ketika membaca
10.
Banyak
menggunakan isyarat tubuh
11.
Tidak dapat
duduk diam untuk waktu lama
Strategi Belajar Efektifnya :
a.
Melakukan
Praktek
b.
Mengamati demo
/ contoh konkret
c.
Drama,
permainan, aktivitas lapangan
d.
Menggunakan
model, lego, alat praktik, kerajinan tangan, puzzle
e.
Menggunakan
gerak dalam belajar
Lampiran 2.
Instrumen Penilaian
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL
A.
PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)
1.
Jelaskantentanggayabelajar yang
baikmenurutpendapatkamu !
2.
Sebut dan jelaskanmacam – macamgayabelajar !
3.
Sebutkanciricirimodalitas visual , dana
bagaimanastrategibelajarnya ?
4.
Sebutkanciricirimodalitasauditorial , dana
bagaimanastrategibelajarnya ?
5.
Sebutkanciricirimodalitaskinestetik , dana
bagaimanastrategibelajarnya ?
B.
SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai
dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika
pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!
NO
|
PERNYATAAN
|
SETUJU
|
TIDAK SETUJU
|
1.
|
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Strategibelajarsesuaigayabelajar
|
|
|
2.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentangStrategibelajarsesuaigayabelajar, timbul kesadaran saya untuk menerapkancarabelajarsesuaidengandirisaya
|
|
|
3.
|
Setelah menerima materi layanan BK tentang Strategibelajarsesuaigayabelajarsaya menyadari bahwa saya seringtidakbelajarsesuaidengankemampuandirisaya
|
|
|
4.
|
Materi layanan BK tentang Strategibelajarsesuaigayabelajarmenyadarkan saya akan pentingnya penerapanstategibelajar yang baik
|
|
|
C.
KETRAMPILAN (ACTION)
Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di
lingkungansekolahbaru, melakukan
kegiatan diskusi :
Tugasindividu, buatkah laporan dan
kesimpulan dari hasil diskusi tersebut kepada guru Anda.
“ buatlahsebuahStrategibelajar
yang paling tepatuntukdirikamu, dan deskripsikancarapenerapan yang tepat agar
strategitersebutdapatbergunadenganefektif, ceritakn di depankelas, agar
dapatmenjadigambarnuntuktemansekelasmu”
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)
NO
|
PROSES YANG
DINILAI
|
HASIL
PENGAMATAN
|
KET
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Keterlaksanaan program
|
|
|
|
|
1.
Program
layanan terlaksana sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
2.
Waktu
pelaksanaan sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
3.
Metode yang
digunakan variatif dan menarik
|
|
|
|
|
4.
Menggunakan
media layanan BK
|
|
|
|
|
5.
RPL minimal
terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat,
Penilaian
|
|
|
|
B
|
Perolehan Siswa Pasca Layanan
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
memperoleh pemahaman baru
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
mempunyai perasaan positif
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
berkurang masalahnya
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
terentaskan masalahannya
|
|
|
|
|
5.
Berkembangnya
PTSDL
|
|
|
|
C
|
Perhatian Peserta Didik
|
|
|
|
|
1.
Peserta didik
antusias mengikuti materi layanan BK
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik
aktif bertanya
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik
aktif menjawab
|
|
|
|
|
4.
Peserta didik
mengerjakan tugas yang diberikan konselor
|
|
|
|
|
5.
Peserta didik
hadir semua
|
|
|
|
D
|
Kesesuaiaan Program
|
|
|
|
|
1.
Program
disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
2.
Materi
layanan sesuaikebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
3.
Materi
layanan sesuai tugas perkembangan peserta didik
|
|
|
|
|
4.
Materi
layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
|
|
|
|
5.
Program
dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan
|
|
|
|
Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa Guru
BK
Nurdiansyah
AW,ST,M.Kom Dewi
Ratnawati,S.Psi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar