Kamis, 31 Januari 2019

RPL Strategi belajar sesuai dengan gaya belajar


YAYASAN PUSAT PENDIDIKAN ISLAM SUDIRMAN (YAPPIS)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA
TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN, MULTIMEDIA & TEKNIK SEPEDA MOTOR, BROADCAST
Jl.Cempaka N0.3 KupangJetisAmbarawaTelp
 

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Belajar
C
Topik / Tema Layanan
Strategi belajar sesuai dengan gaya belajar
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli dapat memahami dan mengetahui tentang gaya belajar serta strategi belajarnya untuk masing-masing gaya belajar tersebut
F
Tujuan Khusus
1.    Peserta didik/konseli dapat memahami pengertian belajar menurut para ahli
2.    Peserta didik/konseli dapat memahami gaya belajar
3.    Peserta didik/konseli dapat memahami modalitas belaja, ciri-ciri serta strategi belajarnya
G
Sasaran Layanan
Kelas 10
H
Materi Layanan
1.     Pengertian belajar menurut para ahli
2.     Tentang Gaya belajar
3.     Modalitas belajar, ciri-ciri serta strategi belajarnya
I
Waktu
2 Kali Pertemuan x  45 Menit
J
Sumber Materi
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 10, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang belajar, Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4.  EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalamBimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point, Strategi belajar sesuai dengan gaya belajar
M
Pelaksanaan
1. Tahap Awal /Pedahuluan
a.   PernyataanTujuan


1.  Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.  Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.   Menyampaikan tujuan-tujuankhusus yang akandicapai
b.  Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
d. Tahap peralihan
( Transisi)
Guru BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatan, dan memulaiketahap inti
2. Tahap Inti
a.       Kegiatanpesertadidik
1.     Mengamati tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.     Melakukan Brainstorming/curah pendapat
3.     Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.     Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.

b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
1.     Menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.     Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3.     Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4.     Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5.     Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.     Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.     Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan

3. Tahap Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.     Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan  kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara lisan
3.     Guru BKmemberipenguatan dan rencanatindaklanjut
4.     Guru BKmenutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
N
Evaluasi

1.  EvaluasiProses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan dikertas yang sudahdisiapkan.
2.  Mengamati sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Mengamati  cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Mengamati cara peserta didik dalammemberikan penjelasan terhadappertanyaan guru BK
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasidenganinstrumen yang sudahdisiapkan, antara lain :
1.  Evaluasitentang suasana pertemuan denganinstrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Evaluasiterhadap topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Evaluasiterhadap cara Guru BK dalam menyampaikanmateri: mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Evaluasiterhadap kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Uraianmateri
2.      Lembarkerjasiswa
3.      Instrumenpenilaian
     
                                                                                                            Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa                          Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi





Lampiran 1. Uraian Materi

STRATEGI BELAJAR SESUAI DENGAN GAYA BELAJAR
a.  Pengertian belajar menurut para ahli
James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar) Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
Winkel, belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, nilai dan sikap.
R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar) Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku.
Ciri-ciri Belajar - Hakikat belajar
Ciri-ciri belajar adalah sebagai berikut :
  • Adanya kemampuan baru atau perubahan. Perubahan tingkah laku bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), maupun nilai dan sikap (afektif).
  • Perubahan itu tidak berlangsung sesaat saja melainkan menetap atau dapat disimpan.
  • Perubahan itu tidak terjadi begitu saja melainkan harus dengan usaha. Perubahan terjadi akibat interaksi dengan lingkungan.
  • Perubahan tidak semata-mata disebabkan oleh pertumbuhan fisik atau kedewasaan, tidak karena kelelahan, penyakit atau pengaruh obat-obatan

Hakekat belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan secara sadar dan terus menerus melalui bermacam-macam aktivitas dan pengalaman guna memperoleh pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku yang lebih baik. Perubahan tersebut bisa ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perubahan dalam hal pemahaman, pengetahuan, perubahan sikap, tingkah laku dan daya penerimaan.
Strategi adalah sebuah cara yang dipakai oleh seseorang dalam melakukan sesuatu smart (cerdik)

b.  Tentang Gaya Belajar
Gaya belajar atau learning style sering diartikan sebagai karakteristik dan preferensi atau pilihan individu mengenai cara mengumpulkan informasi, menafsir kan, mengorganisasi, merespon, dan memikirkan informasi tersebut. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah, dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika Kamu sudah bisa mengenal gaya belajar Kamu yakni bagaimana Kamu menyerap dan mengolah informasi, maka Kamu akan dapat menjadikan belajar dan berkomunikasi lebih mudah sesuai dengan gaya belajar Kamu sendiri.
Ada tiga macam gaya belajar, yaitu :
1.    Gaya Belajar Visual; yaitu gaya belajar yang lebih banyak menggunakan indra mata sebagai alat untuk menyerap informasi. Orang-orang visual banyak mengikuti ilustrasi atau membaca instruksi sendiri.
2.    Gaya  Belajar Auditorial; yaitu gaya belajar yang banyak menggunakan telinga sebagai alat untuk menyerap informasi yang masuk. Orang-orang auditorial lebih senang informasi itu dia dengarkan dari orang lain
3.    Gaya Belajar Kinestetik, yaitu gaya belajar yang lebih menekankan praktik langsung atas apa yang sedang dipelajari. orang-orang kinestetik lebih senang kalau dibiarkan mengerjakan sendiri atau praktik langsung.


c.  Modalitas Belajar , Ciri-ciri serta Strategi Belajarnya
Lingkungan belajar memberi pengaruh besar pada keberhasilan belajarmu. Karena itu, ciptakanlah suasana belajar yang nyaman, sehat, dan santai. Lingkungan yang nyaman bersifat subjektif karena terkait dengan modalitas belajar.
Jika Anda adalah seorang dengan modalitas VISUAL, pengingat-pengingat visual seperti poster, akuarium atau lukisan akan membuatmu memiliki sikap positif dalam belajar.
Jika Anda memiliki modalitas AUDITORIAL, penggunaan musik untuk belajar atau suasana yang tenang tanpa suara merupakan syarat mutlak untuk membantu Anda lebih berkonsentrasi.
Jika Anda memiliki modalitas KINESTETIK, biasanya senam ringan diperlukan sebelum belajar. Bahkan, sekadar melompat-lompat di ruang belajar dapat membantu Anda berkonsentrasi dalam belajar.
Setiap modalitas memiliki ciri-ciri tersendiri, adapun ciri-ciri tersebut sebagai berikut :
Ciri-ciri Orang dengan Modalitas Visual
1.    Rapi dan teratur
2.    Berbicara dengan cepat
3.    Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik
4.    Teliti terhadap detail
5.    Mementingkan penampilan
6.    Pengeja yang baik dan dapat melikat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran mereka
7.    Lebih mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar
8.    Mengingat dengan asosiasi visual
9.    Biasanya tidak terganggu oleh keributan
10.     Mempunyai masalah untuk menginat instruksi verbal kecuali ditulis dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya.
11.     Pembaca cepat dan tekun
12.     Lebih suka membaca daripada dibacakan
13.     Memerlukan pandangan hidup dan tujuan yang menyeluruh serta sikap waspada sebelum secara mental merasa pasti mengenai suatu masalah atau proyek
14.     Mencorat-coret tanpa arti selama berbicara di telepon dan dalam rapat
15.     Lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain
16.     Sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat “ya” atau “tidak”
17.     Lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato
18.     Lebih suka seni lukis daripada seni musik
Strategi Belajar Efektifnya :
a.    Belajar dengan gambar, diagram dan peta
b.    Membuat coretan, simbol, tanda-tanda penting
c.    Gunakan video, gambar-gambar berwarna
d.   Membuat pengelompokan
Ciri-ciri Orang dengan Modalitas Auditorial
1.    Berbicara kepada diri sendiri pada saat bekerja
2.    Mudah terganggu oleh keributan
3.    Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
4.    Senang membaca dengan keras dan mengdengarkan
5.    Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, irama dan warna suara
6.    Merasa kesulitas untuk menulis, tetapi hebat dalam bercerita
7.    Berbicara dalam irama yang terpola
8.    Biasanya merupakan pembicara yang fasih
9.    Lebih suka seni musik daripada seni lukis
10.     Belajar dengan mendengarkan dan lebih mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat
11.     Suka berbicara, suka berdiskusi, dan menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar
12.     Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan visualisasi, seperti memotong bagian-bagian hingga sesuai satu sama lain.
13.     Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskan sesuatu
14.     Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
Strategi Belajar Efektifnya :
a.    Membaca dengan suara / cerita
b.    Menulis ulang yang dipelajari / ringkasan
c.     Diskusi, berdebat, wawancara
d.   Mendengar melalui kaset, seminar, lokakarya
Ciri-ciri Orang dengan Modalitas Kinestetik
1.    Berbicara dengan perlahan
2.    Menanggapi perhatian fisik
3.    Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka
4.    Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang
5.    Selalu berorientasi pada fisik dan  banyak bergerak
6.    Mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar
7.    Belajar melalui manipulasi dan praktik
8.    Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
9.    Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca
10.     Banyak menggunakan isyarat tubuh
11.     Tidak dapat duduk diam untuk waktu lama
Strategi Belajar Efektifnya :
a.    Melakukan Praktek
b.    Mengamati demo / contoh konkret
c.    Drama, permainan, aktivitas lapangan
d.   Menggunakan model, lego, alat praktik, kerajinan tangan, puzzle
e.    Menggunakan gerak dalam belajar



















Lampiran 2. Instrumen Penilaian

INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL

A.    PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)

1.    Jelaskantentanggayabelajar yang baikmenurutpendapatkamu !
2.    Sebut dan jelaskanmacam – macamgayabelajar !
3.    Sebutkanciricirimodalitas visual , dana bagaimanastrategibelajarnya ?
4.    Sebutkanciricirimodalitasauditorial , dana bagaimanastrategibelajarnya ?
5.    Sebutkanciricirimodalitaskinestetik , dana bagaimanastrategibelajarnya ?

B.     SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!

NO
PERNYATAAN
SETUJU
TIDAK SETUJU
1.
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Strategibelajarsesuaigayabelajar


2.
Setelah menerima materi layanan BK tentangStrategibelajarsesuaigayabelajar, timbul kesadaran saya untuk menerapkancarabelajarsesuaidengandirisaya


3.
Setelah menerima materi layanan BK tentang Strategibelajarsesuaigayabelajarsaya menyadari bahwa saya seringtidakbelajarsesuaidengankemampuandirisaya


4.
Materi layanan BK  tentang Strategibelajarsesuaigayabelajarmenyadarkan saya akan pentingnya penerapanstategibelajar yang baik



C.    KETRAMPILAN (ACTION)

Setelah menerima materi layanan BK tentang Penyesuaindiriremaja di lingkungansekolahbaru, melakukan kegiatan diskusi :
Tugasindividu,  buatkah laporan dan kesimpulan dari hasil diskusi tersebut kepada guru Anda.
buatlahsebuahStrategibelajar yang paling tepatuntukdirikamu, dan deskripsikancarapenerapan yang tepat agar strategitersebutdapatbergunadenganefektif, ceritakn di depankelas, agar dapatmenjadigambarnuntuktemansekelasmu”






INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)


NO
PROSES YANG DINILAI
HASIL PENGAMATAN
KET
YA
TIDAK
A
Keterlaksanaan program




1.    Program layanan terlaksana sesuai dengan RPL




2.    Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL




3.    Metode yang digunakan variatif dan menarik




4.    Menggunakan media layanan BK




5.    RPL minimal terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian



B
Perolehan Siswa Pasca Layanan




1.    Peserta didik memperoleh pemahaman baru




2.    Peserta didik mempunyai perasaan positif




3.    Peserta didik berkurang masalahnya




4.    Peserta didik terentaskan masalahannya




5.     Berkembangnya PTSDL



C
Perhatian Peserta Didik




1.    Peserta didik antusias mengikuti materi layanan BK




2.    Peserta didik aktif bertanya




3.    Peserta didik aktif  menjawab




4.    Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan konselor




5.    Peserta didik hadir semua



D
Kesesuaiaan Program




1.    Program disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik




2.    Materi layanan sesuaikebutuhan peserta didik




3.    Materi layanan sesuai tugas  perkembangan peserta  didik




4.    Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas




5.    Program dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan





                                                                                                            Ambarawa, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa                          Guru BK



Nurdiansyah AW,ST,M.Kom                                                             Dewi Ratnawati,S.Psi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar